Kenali Penyakit Bibir yang Sering Dialami Beserta Cara Mengatasinya

Salah satu bagian tubuh di wajah yang bisa menajdi patokan kecantikan yaitu bibir. Bibir memiliki karakteristik yang lembut, bergerak dan berfungsi dalam sumber pernafasan dan sumber pencernaan.

 Namun di balik itu, tampilan bibir bisa menjadi hal yang menarik untuk meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Bibir biasanya dilihat sebagai salah satu elemen kecantikan, yang bisa menjadi pusat perhatian orang banyak.

Salah satu pakar kesehatan Hari Simran mengatakan “warna, bentuk, tekstur bibir dapat menunjukkan tanda tanda masalah kesehatan yang mungkin anda abaikan jika mengalami gejala lain.”

Maka dari itu, perawatan bibir haruslah diperhatikan dengan baik, agar selain sehat, bisa membantu kita untuk mendapatkan tampilan yang cantik dan menarik. Sesedrhana apapun masalah yang terjadi pada bibir, ada baiknya untuk tetap merawatnya dengan baik.

Berikut kami rangkumkan masalah kesehatan pada bibir yang sering diabaikan, namun apabila dibiarkan bisa mengganggu penampilan dan kesehatan.

1. Pecah pecah di ujung bibir 

Pecah pecah di ujung bibir ini biasa terjadi karena sering menggerakkan bibir dalam keadaan yang kering atau air liur yang tertangkap di sudut mulut. Menjilat untuk melembabkan bibir justru membuat infeksi semakin berkembang.

2. Bibir Kering dan Pecah-pecah 

Bibir kering bukan hanya karena area bibir yang kurang lembab, tapi juga tubuh kita. Bisa terjadi karena kurang minum, cuaca panas, atau banyak pikiran atau stress. Jika mengalami masalah ini, disarankan untuk minum lebih banyak air dan menggunakan pelembab.

3. Benjolan dibibir 

Benjolan di bibir terkadang sakit jika disentuh atau terasa kurang nyaman, tapi lama kelamaan rasa sakit perlahan akan menghilang dan bisa menghilang tanpa ada penanganan lebih lanjut.

Ada beberapa faktor penyebabnya, bisa karena efek bius atau suntikan, reaksi terhadap makanan, atau bahkan infeksi Herpes yang membutuhkan penanganan medis.

4. Ruam merah di sekitar bibir 

Ruam kemerahan adalah gejala pada kulit yang menandakan kemerahan pada kulit area sekitar bibir dapat disertai bentol atau gejala lain seperti gatal dan perih. Biasanya ruam merah disekitar bibir disebabkan oleh kontak dengan zat tertentu yang menghasilkan iritasi atau disebabkan oleh alergi.

5. Kerutan di bibir atas 

Apabila menemukan kerutan di bibir bagian atas, dapat disebabkan oleh dua hal yaitu fisik  dan psikis. Hal ini bisa saja terhadi karena kebiasaan kita yang terlalu sering minum menggunakan sedotan, merokok berlebih, atau bisa saja disebabkan oleh stress. Selain itu, kamu juga bisa membaca inspirasi nail art simple elegant lainnya.

6. Bibir berubah warna 

Bibir berubah warna menjadi biru, dapat terjadi apabila sirkulasi oksigen dalam darah kita sedang buruk. Hal ini bisa juga terjadi pada jari tangan dan kaki. Bibir berubah warna putih atau pucat, dapat terjadi apabila kita sedang menderita anemia atau kurang darah. 

Dapat terjadi apabila memiliki gula darah rendah, masalah peredaran darah yang kurang lancer atau kurang vitamin.

7. Bintik hitam pada bibir 

Jika menemukan bitnik hitam pada bibir, tidak dapat dibiarkan begitu saja. Solusi terbaik adalah pergi ke Dokter.  Bintik hitam atau dalam kondisi umum menyebabkan bercak kecoklatan bisa saja menjadi tanda tanda pra-kanker. 

Biasanya disebabkan karena tubuh menyerap terlalu banyak zat besi dari makanan yang dimakan.

8. Pembengkakan pada bibir 

Pembengkakan pada bibir biasanya terjadi karena alergi, mungkin pernah atau masih menggunakan sebuah produk yang ternyata dapat menyebabkan alergi sehingga terjadi pembengkakan pada bibir. Disarankan agar menjauhkan produk tersebut, dan tidak menggunakannya. 

Apabila tak kunjung reda atau kempes agar memeriksakannya ke dokter demi mengurangi resiko yang lebih buruk.

 nah, itu dia beberapa masalah kesehatan bibir yang harus kamu kenali beserta dengan cara mengatasinya. Semoga artikel ini membantu. 

Posting Komentar

0 Komentar