Komedo Membandel? Intip cara mengatasinya

 


Muka mulus dan halus adalah idaman banyak orang. Maka dengan itu, kita diharuskan untuk rajin dalam membersihkan wajah dengan porsi yang pas. Jikalau kita jarang membersihkan wajah, takutnya akan tertumpuk sel-sel kulit mati atau juga komedo yang berlebih.

Kadang, disaat memebersihkan wajah terlalu sering dapat mengakibatkan kelembapan kulit berkurang. Dengan kurangnya kelembapan kulit di wajah, kulit akan mengalami kekeringan dan akan beresiko pada kelaian kulit lainnya.

Baiklah, kali ini kita akan membahas tentang komedo yang ada pada wajah secara mendalam. Komedo sendiri merupakan benjolan kecil di pori-pori kulit yang merupakan bakal jerawat. Biasanya komedo muncul di daerah yang cukup jarang dibersihkan.

Dengan adanya komedo yang tampak jelas, pastinya kita tidak akan percaya diri dalam melakukan kegiatan apapun. Seperti contoh dalam mempercantik diri menggunakan make up saat ingin kekondangan. Pastinya jikalau banyak komedo muncul akan mengakibatkan rasa kurang percaya diri yang tinggi.

Maka dari itu, ada baiknya kita perlu membasmi komedo dengan segera. Dibawah ini beberapa hal yang kalian butuhkan untuk mengurangi komedo pada wajah.

1. Rutin Mencuci Muka

Disaat diam saja, kulit wajah kita bisa memproduksi polusi di sekitar, bagaimana kalau kita beraktivitas di luar ruangan? Untuk mempercantik diri dan menyehatkan kulit, ada baiknya kita rutin dalam membersihkan waja.

Rutin yang dimaksud disini adalah membersihkan wajah sesuai dengan porsinya. Ingat ya, dalam mencuci muka ada baiknya kita tidak berlebihan karena akan mengurangi kelembapan pada kulit wajah kalian.

2. Kosumsi Vitamin C

Vitamin C dikenal sangat baik dalam emrawat kecantikan kulit. untuk membasmi komedo kalian. Sebenarnya, dengan mengkonsumsi tidak berarti komedo kalian langsung hilang, tetapi membantu mencegah komedo kalian agar tidak muncul.

Jiakalu di dalam tubuh terdapat vitamin C yang cukup, selain menyehatkan juga akan membantu mempercantik wajah kalian dari dalam.

3. Melakukan ekfoliasi

Ekfoliasi berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada di kulit wajah kamu. Dengan cara ini, dipercaya bisa mengatasi komedo bandel yang membuat risih. Namu dalam penggunaannya, disarankan untuk melakukan eksfoliasi pada wajah tidak terlalu rutin.

Hal itu dikarenakan akan menambah tingkat sensitif pada wajah kamu dan dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Cukup mengekfoliasi wajah sekitar 1-2 kali seminggu.  Dijamin komedo kamu pasti hilang deh.

4. Pakai Skincare Dengan Bahan Asam Salisilat

Asam salisilat sendiri diketahui dapat menghilangkan komedo di kulit wajah. Zat yang satu ini biasanya berperan sebagai obat keratolitik yang mana mampu melambatkan pelepasan sel di pori-pori dan memecahkan komedo.

Tapi dalam pemakaian asam salisilat ini sendiri ada beberapa yang harus dihindari seperti :

- Jangan menggunakan bersama dengan obat tropikal lain seperti benzoil peroksida dan retinoid.

- Jangan menggunakan sabun yang memiliki scrub.

- Kurangi penggunaan make up atau sabun yang menyebabkan kulit mudah terkelupas.

5. Memakai Senyawa AHA dan BHA

AHA (Asam alfa hidroksi) dan BHA (asam beta hidroksi) bisa kalian jadikan pilihan eksfoliator terbaik. Selain untuk membersihkan keberadaan pori-pori, kedua senyawa ini bisa mengangkat lapisan kulit kusam di wajah.

Banyak produk skincare yang menggunakan senyawa AHA dan BHA di dalamnya karena memiliki khasiat yang baik untuk kulit.  

 Nah, itu dia beberapa cara dalam mengatasi komedo membandel di kulit wajah. Jangan lupa merawat wajah ya agar kulit kita tetap cantik dan sehat, serta dapat meningkatkan rasa percaya diri kita.

Posting Komentar

0 Komentar