Mengenal Penyebab dan Cara Mengatasi Keriput Halus Pada Wajah

 


Mempunyai wajah yang awet muda, siapa yang tidak mau? Dengan kulit tampak memiliki keriput, maka akan menurunkan rasa percaya diri karena wajah pastinya akan terlihat lebih tua. Apalagi yang memiliki wajah dengan keriput halus cukup banyak di usia yang masih muda, pasti akan menurunkan rasa nyaman saat beraktivitas di luar.

Masalah keriput halus pada wajah sudah menjadi hal yang normal untuk dimiliki, tapi sebagian orang memilih untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kerutan tersebut, agar ia akan tampak cantik dan awet muda.

Lalu apa itu keriput? Keripus sendiri merupakan penurunan dari elastisitas wajah sehingga bentuk kulit mengalami pengenduran, yang biasanya terjadi karena adanya faktor penambahan usia.

Lalu, apa faktor faktor penyebab kerutan halus pada wajah?

FAKTOR PENYEBAB KERUTAN HALUS

Di bawah ini adalah beberapa hal yang dapat menyebabkan kerutan halus pada wajah :

1. Gizi yang kurang cukup diterima oleh tubuh

2. Penggunaan otot-otot wajah berulang-ulang seperti mengerutkan kening atau cemberut.

3. Faktor genetik

4. Kelainan pada kulit seperti hilangnya struktur penunjang kulit dan juga ebrat badan yang hilang drastis.

5. Adanya gangguan pikiran atau stress.

6. Terdapat penyakit kronis

7. Penuaan

8. Paparan sinar ultraviolet

9. Rokok

GEJALA ADANYA KERUTAN

Adapun gejala atau ciri keriput halus pada wajah seperti :

1. Penuaan Instrinsik

Penuaan instrinsik sendiri bisa dilihat dengan kulit wajah yang tipis dan halus tapi kering, dan memiliki kerutan halus. Adapun garis ekspresi lebih dalam, kulit lebih kendur dan dapat ditemukan tumor jinak.

2. Penuaan Ekstrinsik

Penuaan ekstrinsik bisa dilihat saat kulit mulai menebal dan kasar tetapi tetap kering. Kerutan pada kulit  lebih dalam dan nyata, bercak pigmentasi tidak teratur lalu pelebaran pembuluh darah, dan dapat timbul lesi tumor jinak ataupun prekanker.

CARA MENGATASI

Karena keriput bisa menuju arah yang cukup berbahaya, ada baiknya kita mengatasi keriput jikalau sudah tampak jelas disaat usia kita masih muda dan segar.

1. Menggunakan obat-obatan kimia seperti,

-Retinoid yang mengandung vitamin A yang efektif dalam mengatasi keriput pada kulit.

-AHA (Asam Alfa Hidroksi) yang merupakan kelompok asam alami yang baisanya ditemukan di dalam buah-buahan. AHA sendiri berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati dan meningkatkan ketebalan lapisan kulit bagian dalam.

-Antioksidan cukup efektif dalam penanganan kulit keriput karena ia bisa memperlambat adanya kerusakan pada sel-sel kulit. Biasanya senyawa ini didapat di sayuraan serta buah-buahan.

2. Prosedur Medis

Prosedur medis sendiri bisa dilakukan untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat dan efektif, yaitu seperti :

1. Peeling. Peeling sendiri merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengangkat lapisan kulit terluar dengan menggunakan alat khusus yang telah mereka sediakan, agar pertumbuhan kulit baru leih cepat dan kulit lebih kencang.

2. Mikrodermabrasi. Kegiatan ini sendiri bertujuan untuk meremajakan kulit dengan mengangkat lapisan kulit terluar dengan alat khusus. Biasanya, mikrodermabrasi sendiri digunakan untuk semua tipe kulit yang ada, yang berguna untuk mengurangi bahkan menghilangkan keriput halus pada wajah.

3. Suntik botoks tipe A

Suntik botox atau (botulinum toxin) bisa menghilangkan kerutan pada dahu di sekitar mata denga instan. Meski begitu, hasil dari kerutan yang berkurang hanya bertahan sekitar 3 sampai 4 bulan saja. Treatment ini membuat anda harus berulang kali melakukan penyuntikan kembali.

Nah, itu dia beberapa rangkuman tentang keriput halus pada wajah. Untuk mendapatkan kulit yang kencangm jangan lupa berolahraga agar tubuh dan kulit tetap bugar dan kencang ya. Semoga artikel ini membantu.

Posting Komentar

0 Komentar