Jenis Minyak Zaitun dalam Kehidupan Sehari-Hari


Dalam dunia kecantikan, berbagai bahan alami diuji coba, digunakan lalu disebar luaskan agar rangkaian produk tersebut bisa menjadi solusi masalah wajah mereka.

Beberapa tumbuhan dan juga buah-buahan dapat dijadikan solusi yang bagus untuk mengatasi masalah muka. Seperti contoh, minyak zaitun.

Sudah taukah kalian sebelumnya asal dari minyak zaitun yang diperjualbelikan di pasaran? Minyak zaitun yang diproduksi dan banyak dijumpai di mana-mana karena memiliki khasiat yang bagus untuk kebutuhan kulit. Tapi jangan lupa ya untuk mengucapkan assalamualaikum ketika akan membeli minyak zaitun bagi kamu yang beragama muslim.

Dan kegunaan dari minyak yang berbau wangi itu tak hanya untuk kecantikan wajah. Untuk mengenal lebih dalam tentang buah zaitun, mari kita bahas lebih dalam.

Sejarah Minyak Zaitun

Minyak zaitun berasal dari buah zaitun yang sudah ditanam hampir 6000 tahun yang lalu oleh masyrakat Turki, Spanyol, Yunani, Persia, Mesopotamia. Kemudian minyak dari buah ini tersebar hingga Suriah, Palestina, dan Afrika Utara.

Pada dasarnya, belum tentu jelas dari mana buah ini berasal, tapi para masyarakat mediterania menggunakan  minyak buah ini sebagai obat-obatan, bahan bertukar barang, ritual keagamaan, serta perawatan tubuh.

Pada saat itu minyak yang sering disebut Olive Oil  ini menjadi hal yang berharga, hingga siapapun yang memakain minyak ini akan cukup dihargai, karena adanya komoditas tersendiri pada saat itu.

Jenis Minyak Zaitun

Olive Oil yang bereda pada masyarakat cukup memiliki jenis, dan juga memiliki perbedaan manfaat juga lho. Untuk kali ini,kalian harus bisa membedakan minyak zaitun yang kalian beli sesuai dengan kebutuhan kalian ya. Berikut adalah jenis-jenis minyak zaitun yang harus kamu ketahui :

1. Extra virgin olive oil

Minyak zaitun kali ini merupakan minyak yang dianggap apling sehat di antara beberapa minyak lainnya. Hal itu dibenarkan karena minyak ini diekstrak menggunakan metode alami dan juga distandarisasi untuk kemurnian dan kualitas sensorik dari minyak ini sendiri, seperti rasa dan bau.

Beberapa senyawa fenolik ini telah terbukti memiliki efek antioksidan pada manusia, khususnya mengurangi resiko penyakit keras hinggap ke tubuh manusia.

2. Virgin Olive oil

Minyak zaitun tipe ini tergolong tidak mengalami proses pemurnian. Sama seeri extra virgin oil, minyak tipe ini tidak mengalami pemanasan atau juga tidak adanya campuran bahan kimia. Memiliki kualitas yang hampir sama dengan extra virgin oil, tapi masih berada dibawah level dari kulitas minyak tersebut.

3. Refined olive oil

Minyak zaitun tipe ini dambil dari jenis buah zaitun yang berwarna hitam dan juga matang. Diantara jenis-jenis lainnya, minyak zaitun alami didalamnya merupakan yang paling sedikit. Hal itu dikarenakan banyaknya serangkaian proses penyulingan yang dilakukan terhadap buah zaitunnya.

Untuk menjadi sama dengan extra virgin oil dan virgin oil, buah ini tidak memenuhi syarat, dapat dilihat dari tingkat keasaman, dan juga bau serta rasa yang ada.

Karena terlalu banyak penyulingan, minyak ini tidak memiliki rasa dan juga memiliki warna yang bening.

4. Pure Olive Oil

Minyak zaitun yang beredar di masyrakat ini biasanya minyak hasil olahan yang mana di campur dengan tipe extra virgin oil dan juga refined olive oil. Biasanya minyak ini memiliki warna yang lebih terang dan memiliki rasa lebih ringan.

5. Light olive oil

Minyak tidak sama dengan yang lain, di mana merujuk kepada rendah kalori, melainkan lebih ke rasa minyak yang ringan. Olive oil ini diolah dengan pelarut ydan panas yang tinggi untuk menghilangkan bau yang tak diinginkan.

6. Pomace olive oil

Minyak ini memiliki kualitas terendah dari beberapa minyak yang ada beredar di masyarakata. Minyak ini berasal dari ekstrak residu yang tersisa setelah buah zaitun ditekan. Setelah buah dipres, ada sisa residu yang mengandung minyak dan air. Setelah minyak dan air dihilangkan, dari situlah minyak ini berasal.

Ada pun manfaat dari minyak tipe ini biasanya di gunakan untuk campuran produk perawatan tubuh seperti cream, lotion, atau juga kosmetik.

Wah, banyak juga ya ternyata manfaat dari minyak zaitun ini, minyak zaitun bisa kalian selipkan dalam kehidupan kalian sehari-hari dan semoga artikel ini membantu ya.

 

Posting Komentar

0 Komentar