Penyebab Flek Hitam Pada Wajah Beserta Cara Mengatasi


Wajah yang cantik dan bersih adalah idaman bagi semua orang terlebih lagi bagi wanita. Banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan wajah cantik dan bersih.
  Namun, karena kegiatan yang berlebihan dan perawatan yang kurang dapat menimbulkan masalah baru pada wajah.

Seperti contoh timbulnya flek hitam pada wajah. Tak jarang juga timbul flek hitam di wajah walaupun sudah jarang beraktivitas atau berkegiatan di luar rumah.

Flek hitam adalah bintik-bintik kecil di kulit yang cenderung berwarna lebih gelap daripada area di sekelilingnya. Flek hitam biasanya muncul di wajah, namun bisa juga timbul di bagian tubuh lain seperti kulit lengan, punggung tangan, bahu, dada, atau leher.

Masalah yang satu ini biasa terjadi pada semua orang, terutama yang berkulit lebih cerah atau putih. Kondisi ini terjadi akibat meningkatnya produksi pigmen alami kulit (melanin).

Faktor Penyebab

1. Faktor Usia

Penyebab pertama munculnya flek hitam di wajah adalah karena usia. Hal ini disebabkan oleh menurunnya tingkat ke-elastisitasnya, sehingga rentan terhadap bintik-bintik gelap dan sel-sel yang rusak sejalan dengan bertambahnya usia. .

2. Peradangan

Peradangan juga menjadi salah satu penyebab tejadinya flek hitam di wajah, seperti jerawat, eksim, alergi atau kondisi kulit lainnya juga dapat menyisakan bintik hitam. Jika penyebabnya adalah luka dan mengalami radang, dan sembuh secara alami akan mengingkatkan produksi pigmen alami kulit sehingga flek hitam dapat tertinggal setelahnya.

3. Genetik

Pigmentasi atau flek hitam juga dapat dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan. Sekitar 20 sampai 70 persen flek hitam terjadi disebabkan oleh faktor keturunan atau genetik.

4. Ketidakseimbangan hormon

Ketidakseimbangan hormon dalam tubuh juga dapat menjadi penyebab flek hitam, seperti kelebihan atau kekurangan hormon estrogen, progesteron, dan melanin stimulating hormon. Gangguan seperti ini biasa terjadi pada wanita yang sedang hamil.

5. Kurang Vitamin

Kurang Vitamin juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya flek hitam di wajah. Maka penting untuk menjaga asupan vitamin yang masuk kedalam tubuh demi menjaga kesehatan terlebih kesehatan kulit wajah. Maka pastikan tubuh kita untuk mendapatkan asupan vitamin B12, K, dan vitamin E agar dapat mencegah munculnya flek hitam pada wajah.

6. Penggunaan Kosmetik

Tanpa kita sadari, menggunakan kosmetik setiap hari juga dapat menimbulkan flek hitam pada wajah. Kandungan kimia yang terdapata pada kosmetik yang setiap hari kita gunakan ternyata dapat memicu produksi hormon melanin berlebih.

Cara Mengatasi Flek Hitam

Berikut hal hal yang perlu dilakukan untuk mencegah atau mengatasi flek hitam di wajah :

1. Tabir Surya (Sunscreen)

Penggunaan tabir surya agar kulit terhindar dari paparan langsung sinar matahari apabila sedang beraktivitas di luar ruangan. Terlebih bagi orang yang memiliki kulit putih akan lebih beresiko memiliki flek hitam.

2. Krim Pemutih

Krim Pemutih pada umumnnya mengandung zat yang berfungsi menekan produksi melanin dan mencerahkan area kulit yang gelap.

3. Krim Retinoid

Krim ini mengandung senyawa vitamin A, seperti ”tretinoid topikal”. Krim ini berfungsi untuk mencerahkan sekaligus mengatasi flek hitam. Krim ini bisa didapat melalui resep dokter.

4. Terapi Laser

Terapi ini dilakukan dengan memancarkan sinar yang memiliki intensitas dan gelombang tertentu  yang dapat mengatasi flek hitam. Dampak yang ditimbulkan oleh terapi laser ini juga relatif rendah.

5. Cyrosurgery

Cyrosurgery adalah sebuah teknik medis yang menggunakan nitrogen cair bersuhu dingin untuk membekukan dan menghancurkan  sel kulit yang bermasalah seperti flek hitam dan kanker. Namun, tidak semua jenis flek dapat ditangani dengan cara ini.

6. Chemical Peeling

Chemical peeling dilakukan dengan cara menggunakan cairan kimia seperti asam salisilat, asam glikolat, atau asam tikloroasetat. Bahan ini bekerja untuk mengangkat sel-sel kulit yang bermasalah dan mendorong pertumbuhan ulang kulit yang lebih maksimal, sehat dan merata.

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan guna mangatasi atau mencegah terjadinya flek hitam di wajah, agar impian setiap wanita untuk memilik wajah cantik dan bersih dapat terwujud. Semoga bermanfaat.

Nah, itu dia penyebab dan juga cara mengatasi untuk flek hitam yang muncul di wajah kamu. Jangan lupa rawat diri untuk meningkatkan rasa percaya diri saat beraktivitas dan juga memadukan OOTD ala kamu.

 

 

 

 


Posting Komentar

0 Komentar