Langsung ke konten utama

Rosacea : Penyebab Dan Cara Mengatasi

Mempunyai kulit yang sehat dan mulus adalah idaman banyak orang, terkhususnya wanita. Permasalahan kulit bisa saja mengganggu kenyamanan dan menurunkan tingkat kepercayaan diri setiap orang. Tak sedikit yang menghalalkan cara untuk mengatasi masalah kulit yang dialami.

Seperti contoh, Rosacea. Permasalah kulit yang satu ini sering kali disam-samakan dengan jerawat yang ada di wajah. Padahal, terdapat perbedaan antara rosacea dan juga jerawat.

Pengertian Rosacea

Rosacea merupakan penyakit kulit yang identik dengan kemerahan pada wajah, terutama di bagian hidung, pipi, dagu dan juga dahi. Biasanya masalah kulit ini terjadi pada wanita dengan kisaran umur 30 hingga 50 tahun.

Tak hanya itu, rosacea sendiri juga menimbulkan benjolan kecil, merah dan berisi nanah. Hal ini yang menyebabkan rosacea sering disama-samakan dengan jerawat. Padahal, berbeda ya.

Gejala yang ditimbulkanpun bisa berlangsung hingga beminggu-minggu atau sampai berbulan-bilan, kemudia hilang untuk sementara waktu.

Penyebab Rosacea

Untuk penyebab pastinya, belum ada penyebab pasti alasan rosacea ini bisa timbul di wajah. Namun, bisa jadi penyakit kemerahan yang ada di wajah ini merupakan kombinasi dari faktor keturunan dan juga lingkungan.

Adapun beberapa faktor lainnya yaitu:

- Paparan sinar matahari

- Udara

- Terlalu keras dalam berolahraga

- Memakan olahan pedas

- Meminum minuman panas

- Udara yang terlalu lembab

- Terlalu banyak mengonsumsi kafein

- Stress

- Adanya bakteri usus helicobacter pylori

Gejala Rosacea

 Gejala rosacea diawali dengan benjolan padat, bintil air dan jerawat pada kulit yang memerah dengan memicu adanya:

- Kulit kemerahan yang permanen.

- Pembuluh darah di bawah kulit terlihat jelas.

- Kulit perih dan rasa sensasi terbakar.

- Timbul masalah di area mata, seperti mata kering, iritasi, bengkak dan kelopak mata merah.

- Permukaan kulit kasar

- Hidung membesar

Pencegahan Rosacea

Untuk mengatasi rosacea timbul menjadi masalah kulit yang merepotkan, ada baiknya unuk mengurangi resiko dengan beberapa upaya yang dapat dilakukan seperti berikut:

- Kurangi aktivitas di bawah sinar matahari

- Gunakan tabir surya minimal 30 SPF

- Hindari minuman dengan kandungan alkhohol dan juga kafein

- Kelola tingkat stres

- Kurangi konsumsi makanan pedas

- Lindungi wajah dari angin atau suhu yang dingin

Cara mengatasi rosacea

Jikalau penyakit ini sudah cukup parah dan terlalu mengganggu, ada baiknya kamu mengatasinya dengan cara obat-obataan dan juga terapi laser.

Obat-obatan :

Untuk mendapatkan obat-obatan, kamu harus melakukan konsultasi terlebih dahulu untuk mengetahui separah apa masalah rosacea yang kamu alami. Obat yang akan diberikan tergantung pada gejala yang dialami oleh pasien. Berikut jenis obat-obatannya:

- Obat antibiotik, seperti doxycycline, untuk membunuh bakteri di kulit dan meredakan kemerahan atau pembengkakan di wajah

- Obat tetes mata dan antibiotik, untuk menangani ocular rosacea

- Obat oles jerawat, seperti oxymetazoline, oxytetracycline, metronidazole, asam azelaic, atau ivermectin, untuk meredakan kemerahan dan bintik di kulit yang menyerupai jerawat.

Terapi Laser :

Untuk kamu yang memiliki kemerahan akibat pembesaran pembuluh darah, kamu bisa menggunakan terapi laser. Hal itu bertujuan untuk mengurangi warna kemerahan dan juga untuk mendapatkna hasil yang maksimal. Tapi, ada baiknya gunakan dalam kegiatan berkala.

- Menghindari makanan dan minuman yang dapat memicu timbulnya gejala

- Menggunakan produk perawatan yang sesuai dengan kulit sensitif

- Mengenakan pakaian hangat dan syal di cuaca yang dingin

- Menghindari paparan sinar matahari langsung, terutama di cuaca terik

- Mengenakan pakaian tertutup dan topi lebar, serta mengoleskan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih bila terpaksa keluar rumah di siang hari

- Mengelola stres dengan baik, misalnya dengan teknik pernapasan atau yoga,

Nah, itu dia beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang rosacea, semoga artikel ini membantu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Skincare Untuk Kulit Kering Dari Emina

Saat ini penting sekali untuk menjaga dan merawat Kesehatan kulit. Tidak hanya tubuh, namun kulit juga akan rusak jika tidak dirawat dengan baik. Ada berbagai macam permasalahan kulit yang biasa terjadi di tengah masyarakat seperti, kulit kering, kulit berjerawat, kulit berminyak, dan lain sebagainya. Semua permasalahan tersebut disebabkan karena kurangnya perhatiaan seseorang untuk merawat kulit. Salah satu masalah kulit yang sering terjadi saat ini adalah kulit kering. Kulit kering merupakan jenis permasalahn kulit yang umumnya terjadi saat kulit kita kurang lembab atau dehidrasi. Jika kulit dehidrasi, maka sel-sel kulit akan mengelupas dengan sendirinya. Selain itu, kulit akan cepat mengalami penuaan dan mudah menimbulkan permasalahan kulit lainnya. Untuk mengatasi permasalahan kulit kering ini, kalian membutuhkan skincare untuk kulit kering. Skincare untuk kulit kering memiliki berbagai macam jenis produk. Ada satu produk yang dapat kami rekomendasikan untuk kalian gunakan da

Urutan Memakai Skincare Yang Benar

  Menjaga Kesehatan tubuh merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh semua orang. Layaknya tubuh bagian dalam, kulit wajah merupakan salah satu aset tubuh yang wajib dirawat. Jika seseorang tidak merawat kulit wajah, maka akan banyak muncul permasalahan kulit yang menyebabkan kulit rusak dan tidak enak untuk dilihat. Beberapa permasalahan kulit yang sering terjadi akhir-akhir ini adalah kulit berjerawat, munculnya noda hitam, kulit kusam, kulit kemerahan, dan masih banyak lagi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi semua permasalahan kulit tadi adalah dengan mengatur pola hidup sehat. Tidak hanya mengatur pola hidup sehat, kalian juga perlu menggunakan beberapa produk skincare yang fokus untuk memperbaiki kulit kalian yang bermasalah. Karena saat ini sudah banyak produk skincare yang diciptakan khusus untuk beberapa permasalahan kulit. Akan tetapi sebelum memilih produk yang akan kalian gunakan untuk kulit wajah kalian, pastikan kalian mengetahui je

Review Skincare Scarlett Untuk Kulit Berjerawat

  Jika kalian adalah orang-orang yang sedang mengalami permasalahan kulit berjerawat, kusam, dan beruntusan, maka blog kami yang satu ini sangat cocok untuk kalian baca. Jika sebelumnya kami telah membahas urutan memakai skincare pagi dan malam yang benar, sekarang kami akan membahas skincare untuk kulit berjerawat. Saat ini sudah banyak sekali merek-merek skincare yang banyak mengeluarkan produk untuk kulit berjerawat yang dapat kalian pakai. Namun, tidak semua skincare tersebut memiliki kualitas terbaik dan cocok untuk kalian gunakan. Tips untuk memilih skincare terbaik adalah pastikan skincare yang kalian gunakan halal dan ber-BPOM, bahan-bahan yang digunakan aman dan cocok untuk kulit kalian, dan yang pasti harganya terjangkau. Salah satu merek skincare terkenal dan sudah banyak direkomendasikan oleh banyak orang karena memiliki produk-produk terbaik untuk segala permasalahan kulit adalah Scarlett Whitening. Apa itu Scarlett Whitening? Scarlett Whitening Scarlett Whiten