Rambut Kering Dan Rontok? Ini Cara Mengatasinya

Selain wajah, kesehatan dan kecantikan rambut menjadi salah satu hal yang on point untuk dipamerkan. Permasalah tentang rambut yang di alami banyak orang cukup beragam, mulai dari rambut rontok, ketombean, berminyak, kusut, dan kering.

Merawat rambut sama saja pentingnya dengan merawat anggota tubuh lainnya. Menampilkan rambut yang sehat dan cantik akan membantu kamu untuk mendapatkan rasa nyaman dan meningkatkan rasa percaya diri.

Apalagi dengan memiliki masalah rambut kering dan rontok. Masalah tersebut mampu menyebabkan rambut semakin tipis dan beresiko menyebabkan kebotakan. Maka dari itu, ada baiknya merawat dan menjaga kesehatan rambut yang ada.

Berikut adalah cara untuk merawat rambut kering dan rontok yang baik dan benar:

1. Menyesuaikan Waktu Keramas 

Saat merawat rambut kering dan rontok, hal yang perlu kalian   perhatikan adalah frekuensi dalam melakukan keramas. Tujuan keramas sendiri untuk menyingkirkan kotoran agar rambut dapat bersih dan terjaga.

Ternyata, air bilasan dan juga sampo dapat menghilangkan minyak alami yang di produksi oleh kulit kepala. Maka dari itu, ada baiknya untuk memperhatikan jadwal dalam melakukan keramas.

Hal itu harus diperhatikan oleh pemilik rambut kering dan juga rontok. Ada baiknya, mencuci rambut setiap 3 hari sekali, bukan setiap hari.

2. Memilih produk perawatan rambut yang sesuai  

Dalam merawat rambut, pastinya kamu memiliki beberapa produk sendiri yang kamu suka dan juga cocok untuk kesehatan rambutmu. Memilih perawatan rambut yang pas untuk masalh yang dialami rambut adalah hal penting.

Jikalau menggunakan produk yang tidak sesuai sama saja akan membuang waktu serta menambah masalah baru pada rambut. Untuk rambut kering dan rontok, ada baiknya menghindari kandungan alkohol yang akan membuat rambut semakin kering dan juga rusak.

3. Menggunakan Conditioner Setelah Keramas  

Selain shampoo, conditioner merupakan hal wajib yang dilakukan untuk merawat rambut kering dan juga rontok. Adapun kegunaan conditioner sendiri untuk melindungi dan menjaga rabut menjadi rusak dan kering.

Tak hanya itu, conditioner sendiri bertindak sebagai asupan nutrisi bagi rambut, terutama untuk rabut bercabang dan juga rambut kering. Conditioner sendiri mampu untuk memberikan kelembutan pada rambut agar terlihat sehat.

4. Melindungi Rambut Dari Sinar Matahari 

Seperti yang kita tahu, sinar matahari mmpunyai dampak buruk pada kesehatan rambut. Hasil dari rambut yang terlalu lama terkena sinar matahari yaitu mudah rontok dan juga rapuh. Terutama jikalau kamu mempunya rambut yang terang seperti piran dan juga abu-abu.

Saat berada di daerah yang panas atau terkena sinar matahari langsung, ada baiknya untuk menjauhi atau melindungi rambut dari paparan sinar secara langsung.

Selain menggunakan topi atau payung, kamu bisa menggunakan produk perawatan rambut yang dapat menghalau sinar ultraviolet pada rambut.

5. Mengkonsumsi Makanan Bergizi  

Makanan yang kaya akan gizi dapat membantu kamu merawat rambut dari dalam. Tak heran jikalau produk perawatan rambut yang biasa ditemui terbuat dari bahan-bahan alami terkhusus olahan makanan yang sehat untuk dikonsumsi.

Adapun jenis makanan yang cocok untuk di konsumsi sebagai perawatan rambut yaitu:

- Pisang

- Jambu Biji

- Alpukat

- Ubi

- Bayam

- Daging Ayam

- Kayu Manis

6. Rutin Memotong Rambut 

Selain berguna untuk menghemat produk rambut, memotong rambut dengan rutin bisa membantu kamu untuk merawat rambut. Memotong rutin ujung rambut kamu bisa jadi untuk mengurangi rambut rusak dan mencegah penjalaran kerusakan rambut semakin parah.

Nah, itu dia beberapa tips untuk merawat rambut kering dan rontok agar tetap sehat dan terawat. Semoga artikel ini membantu.

Posting Komentar

0 Komentar