Pembersih Wajah Alami? Begini Cara Membuatnya

Membersihkan wajah menjadi hal yang utama untuk menghilangkan kotoran yang ada berupa debu polusi atau juga sisa-sisa make up. Minyak berlebih yang diproduksi oleh wajah juga harus di basmi guna merawat dan menyehatkan kulit.

Dengan kotoran yang masih tersisa di wajah, bisa saja menjadi resiko baru terciptanya masalah di kulit wajah. Beberapa jenis masalah yang tercipta karena kurang menjaga kebersihan wajah yaitu seperti jerawat, ,milia, flek hitam dan kerutan.

Maka dari itu, membersihkan wajah adalah hal wajib sebagai step awal dalam merawat wajah. Kadang, kita juga menggunakan sabun pencuci muka sebagai alat alternatif untuk mendapatkan kulit bersih dan sehat.

Namun di luar itu, membersihkan wajah terlalu sering dengan bahan kimia bisa membuat wajah kamu semakin tipis dan juga membuat beberapa resiko baru untuk kulit mempunyai permasalahan pada wajah menjadi semakin sensitif.

Padahal untuk membersihkan wajah kalian bisa menggunakan bahan-bahan yang alami. Selain mempunyai banyak khasiat untuk wajah, kalian sendiri bisa mengurangi resiko masalah pada kulit wajah.

Berikut, cara untuk membuat pembersih muka secara alami yang bisa kamu racik di rumah:

1. Minyak Kelapa 


Pembersih wajah alami pertama adalah minyak kelapa. Adapun manfaat yang bisa didapatkan yaitu dapat mengurangi tampilan kilau akibat minyak di wajah tanpa menghilangkan minyak alami pada wajah.

Berisikan kandungan asam linoleat, minyak kelapa sendiri membantu melawan jerawat, serta lauric acid, yang berfungsi untuk menghidrasi dan sebagai antimikroba.

Cara membuat pembersih wajah alami dari minyak kelapa, cukup balurkan minyak ke seluruh area wajah seraya melakukan pijatan lembut. Diamkan selama 15 menit, kemudian bersihkan dengan handuk bersih. Untuk riasan mata juga bisa dihilangkan menggunakan minyak kelapa yang sudah kalian racik.

2. Cuka Apel  

Bahan alami dengan segudang manfaat ini  mengandung asam oragnik yang sering disebut dengan asam asetat. Cuka apel sudah lama digunakan sebagai pembesih wajah, dengan manfaat yang diketahui untuk mencegah dan membunuh bakteri Propionibacterium acnes yang menjadi penyebab jerawat.

Bahan alami yang satu ini bisa juga kalian jadikan sebagai toner wajah alami, karena mampu mengembalikan pH kulit sekaligus membersihkan pori-pori.

Caranya, gunakan perbandingan 1:2 untuk cuka apel dan air, kocok keduanya dalam sebuah botol. Kemudian, tuang cuka apel pada kapas bersih. Sapukan kapas pada permukaan wajah sampai merata. Jika sudah, oleskan pelembap yang biasa kamu gunakan.

3. Lemon dan Madu  

Kedua bahan ini tidak perlu diragukan lagi khasiatnya di bidang kecantikan. Untuk pemilik kulit kusam, kedua bahan ini bisa menjadi solusi yang menarik untuk permasalah kulit wajah. Lemon sendiri yang berfungsi sebagai pelembab dan antiseptik alami dapat membantun membersihkan kulit.

Selain itu madu juga berrguna sebagai antibakteri dan antioksidan yang dipercaya dapat mencegah kemunculan jerawat dan memperlambat tanda-tanda penuaan.

Adapun cara membuat pembersih muka alami dari lemon dan madu adalah campurkan 1 sendok makan madu organik dengan perasan air lemon. Aduk merata sampai teksturnya menjadi kental. Gunakan pembersih alami ini pada area wajah dan leher secara lembut.

Diamkan 20 menit lalu bilas hingga bersih.

4. Minyak Alpukat  

Penggunaan minya alpukat dapat kamu gunakan untuk pemilik tipe kulit kering. Minyak alpukat ini bisa membantu kalian mengurangi kulit kering dan juga pecah-pecah pada wajah dan kulit badan.

Yang perlu kamu lakukan adalah mengoleskan minyak alpukat pada permukaan wajah seraya memijat wajah dengan gerakan memutar, lalu bilas hingga bersih.

Nah, itu dia beberapa cara membuat pembersih wajah alami, semoga artikel ini membantu.

Posting Komentar

0 Komentar