Punya Kulit Wajah Sensitif? Ini Dia Penyebab Dan Cara Merawatnya

Mempunyai kulit yang sehat pastinya menjadi keinginan banyak orang. Kadang, jikalau memiliki wajah yang sensitif, akan rentan menimbulkan masalah kulit yang sangat mengganggu dan pastinya membuat tidak nyaman.

Kulit sensitif merupakan kondisi dimana kulit mudah untuk mengalami iritasi akibat beberapa hal yang berhubungan dengan kulit. Entah itu udara, bahan kimia dalam produk perawatan kulit atau alergi lainnya.

Biasanya, gejala yang dialami oleh pemilik kulit sensitif seperti ruam merah, gatal, kulit terasa kering, beruntusan hingga rasa perih seperti terbakar. Hal ini bisa terjadi oleh beberapa faktor yang sangat tidak boleh berkontaminasi pada kulit sensitif.

Namun, kulit sensitif tidak sama dengan alergi. Jikalau kamu mengira kedua permasalahan kulit ini merupakan hal yang sama, kamu salah besar. Adapaun perbedaannya yaitu kulit sensitif biasanya akan meradang atau mengalami iritasi pada bagian tertentu. Sedangkan kulit alergi terjadi sesuatu pada kondisi kulit di berbagai area tubuh.

Faktor Pemicu 

Nah, untuk kamu yang memiliki jenis kulit ini, berikut adalah beberapa faktor yang menjadi penyebab kondisi kulit menjadi lebih sensitif:

·         Faktor genetik : Hal yang paling utama dan sering adalah faktor genetik. Jikalau memiliki keturunan dengan kulit sensitif, maka kamu juga akan berisiko mengalami hal yang sama.

·         Kulit kering : Pada saat kulit mengalami kekurangan air dan juga minyak, kulit akan rentan mengalami kekeringan dan berisiko menyebabkan kulit yang sensitif.

·         Rosacea : salah satu penyebab kulit menjadi sensitif. Penyakit yang umum menyerang wajah ini memiliki tanda-tanda memerah pada wajah atau sering disebut dengan blushing.

·         Urtikaria fisik : urtikaria sendiri merupakan permasalahan kulit berupa gatal yang disebabkan oleh panas, dingin, bahan kimia dan lainnya.

  • paparan sinar matahari,
  • paparan polusi udara,
  • perubahan suhu,
  • air yang terlalu panas,
  • cuaca dingin,
  • kurang tidur,
  • stres,
  • penggunaan produk kosmetik dan perawatan kulit,
  • efek bahan kimia seperti klorin di kolam renang, serta
  • perubahan hormon selama siklus haid atau kehamilan.

Cara Merawat Kulit Sensitif

Untuk mendapatkan kulit sehat, ada baiknya untuk memperhatikan hal-hal yang bersentuhan dengan kulit. Dalam merawat, ada beberapa hal yang ahrus kalian perhatikann, seperti berikut:

1. Cuci muka dua kali sehari

Kulit sensitif dapat menyebabkan iritasi dengan gampang. Pemilik tipe kulit sensitif dan berminyak dianjurkan untuk mencuci muka dua kali sehari. Pilih penggunaan sabun yang lembut, dengan bahan gel dan tidak mengandung zat iritatif.

Mencuci muka dua kali sehari merupakan porsi yang pas, karena jikalau terlalu sering maka wajah akan kehilangan minyak alaminya. Disaat minyak yang ada pada kulit hilang, maka akan menyebabkan skincare  tidak terserap kulit, malah masuk ke pori-pori. Sehingga menyebabkan alergi, iritasi dan ruam.

2. Gunakan pelembab untuk kulit sensitif

Dalam menggunakan pelembab, kamu harus memperhatikan jenis pelembab dengan bahan yang lembut dan tidak menyebabkan kulit semakin berminyak. Untuk pilihan pelembab juga juahi produk yang mengandung asam lipoat, asam glikolat, asam alfa hidroksi, dan sejenisnya.

3. Pilih produk perawatan berlabel hypoallergenic

Produk dengan kandungan berlabel hypoallergenic, biasanya dijadikan patokan untuk memilih skincare yang tidak rentan menyebabkan reaksi alergi atau iritasi. Faktanya, label ini tidak ada dalam dunia medis dan dibuat oleh perusahaan kosmetik untuk mempromosikan produk perawatan kulit. Selain itu, kamu juga bisa membaca inspirasi nail art simple elegant lainnya.

4. Gunakan tabir surya

Tabir surya sangat membantu kamu saat beraktivitas di laur ruangan, seperti di bawah matahari. Untuk kulit sensitif, tabir surya sangat membantu untuk mencegah adanya iritasi kulit yang semakin parah.

Pilih kandungan sunscreen berbahan zink dan titanium yang akan cocok untuk merawat tipe kulit mu.

Nah, itu dia penyebab dan juga cara merawat kulit sensitif. Jangan lupa perhatikan faktor yang membuat kulitmu semakin iritasi dan parah. Semoga artikel ini membantu.

Posting Komentar

0 Komentar