Kaki Pecah-Pecah, Ini Dia Penyebab Serta Solusi Yang Bisa Dilakukan


 Mempunyai tampilan kulit yang mulus, cerah dan lembab pastinya menjadi idaman banyak orang bukan? Banyak hal yang dilakukan untuk mendukung tampilan kulit agar semakin sehat dan terjaga.

Di samping perawatan yang selalu dilakukan pada kulit dan tubuh, kadang kita melupakan kesehatan tapak kaki yang sering kita gunakan. Tapak kaki sangat rentan dengan masalah, karena seringnya bersentuhan akibat pijakan saat berjalan atau berlari.

Sebelumnya, bagaiamana denngan kondisi tapak kaki kalian saat ini? Taukah kamu penyebab dan cara yang dapat digunakan untuk mengatasi kondisi kaki pecah-pecah? Simak penjelasan berikut untuk mengetahui lebih kaki pecah-pecah lebih banyak:

Penyebab Kaki Pecah-Pecah

Pada umumnya, kaki pecah-pecah terjadi karena pengeringan yang dialami kulit kemudian mengakami penebalan. Kaki yang sering mengalami pergesekan dan tekanan secara terus menerus akan mengalami keretakan yang menyebabkannya terlihat seperti pecah-pecah.

Beberapa penyebab lain kaki pecah-pecah adalah:

- Kulit kering : Kulit kering menjadi faktor pemula terjadinya kulit pecah-pecah

- Terlalu lama terkena air : Jikalau terlalu lama malah akan membuat permukaan kulit terlalu lembab dan rentan mengalami retak pada tumit.

- Kaki berkeringat dan lembap : jiaklau menggunakan sepatu biasanya kaki akan terasa lebih lembab, dan kulit yang berkeringat susah untuk menguap. Kondisi tersebut mamp membuat kaki lebih lembab dan menebal, serta akan mudah untuk terjadi keretakan pada tumit.

- Menggunakan alas kaki yang tidak tepat : untuk memilis alas kaki, ada baiknya memperhatikan bantalan yang tidak menimbulkan adanya pergesekan untuk mencegah risiko kaki pecah-pecah.

- Sering mandi air panas : Secara tidak langsung, air panas dapat mengikis kelembapan pada permukaan kulit.

- Berdiri terlalu lama : kaki pecah-pecah bisa terjadi jikalau berdiri terlalu lama di permukaan yang keras.

- Diabetes dan obesitas : pengidap diabetes dan obesitas akan rentan untuk mengalami kulit kering karena gula darah yang tidak terkontrol.

- Kurang asupan vitamin dan mineral : Asupan sehat pada tubuh dapat mempengaruhi kelembapan kulit. Jikalau kamu memiliki kaki pecah-pecah, bisa saja karena tubuh kekurangan nutrisi.

Cara Mengatasi Kaki Pecah Pecah

Pastinya tidak ada satu orang pun yang mengingini kaki pecah-pecah. Namun, jikalau sudah mengalaminya, itu bukanlah hal yang membuat kamu risau. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan kaki lembap:

1. Minum Banyak Air

Taukah kamu alasan kenapa kita disarankan minum air putih sebanyak 2 liter? Selain untuk memenuhi kadar air untuk tubuh tidak dehidrasi, berguna juga untuk melembabkan permukaan kulit.

Dengan kulit yang kering, hanya akan membuat kaki rentan mengalami pecah-pecah. Maka dari itu, untuk mendapatkan kulit yang lembap secara pas konsumsi air minum dengan banyak dari rutin.

2. Gunakan Sabun Yang Lembut

Penggunaan sabun dengan bahan deterjen bisa membuat kulit akan mengalami kering dan keriput. Ada baiknya untuk memilih sabun, kamu menggunakan sabun berbahan lembut. Hal itu berguna untuk mengurangi kulit yang mengalami pecah-pecah.

3. Oleskan Pelembab Secara Rutin

Beberapa produk perawatan kulit seperti pelembab bisa membantu kamu untuk mendapatkan tapak kaki yang mulus kembali. Beberapa kandungan yang ditawarkan seperti minyak mineral, gliserin, dan urea.

4. Menggosok Kaki Untuk Mengangkat Sel-Sel Kulit Mati

Kulit mati juga berperan dalam terjadinya kaki pecah-pecah. Maka dari itu, ada baiknya untuk melakukan eksfoliasi pada permukaan kaki agar mendapatkan hasil yang lembut dan mulus, tanpa adanya sel kulit mati.

Nah, itu dia penyebab dan cara mengatasi kaki pecah-pecah. Jangan lupa rawat kesehatan dan kecantikan kulit kaki ya. semoga artikel ini membantu.

Posting Komentar

0 Komentar