Langsung ke konten utama

Wajah Tampak Seperti Kulit Ayam? Ini Dia Cara Penangannya


Halo sobat Glow Up..

Untuk tampil cantik, pastinya banyak cara perawatan yang dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal sesuai dengan yang diimpikan. Tapi bagaimana dengan masalah yang selalu datang dan menjadi pengganggu bagi kesehatan kulit?

Pastinya, hal tersebut berpengaruh pada rasa nyaman dan mengurangi tingkat percaya diri yang ada.

Seperti contoh saat wajah dan anggota tubuh lainnya tampak seperti kulit ayam. Kejadian ini disebut dengan Keratosis Pilaris. Pernah mendengar permasalahan pada kulit ini sebelumnya?

Keratosis Pilaris adalah kondisi kulit yang terlihat seperti benjolan kecil dengan tampilan seperti kulit ayam. Kulit ayam yang dimaksud bukan berkerut, melainkan bentolan yang tampak kontras pada kulit.

Jikalau kondisi kulit ini ada terjadi, merupakan hal biasa dan tidak terlalu parah gejala yang dialami. Namun, hanya mempengaruhi tampilan kulit tampak tidak cantik dan kurang sehat.

Benjolan yang ada terjadi karena adanya kelebihan keratin yang merupakan protein yang membantu membentuk rambut, kuku dan lapisan luar kulit (epidermis).

Penyakit kulit ayam ini bisa menyerang semua kalangan usia, jadi jangan berpikir ini adalah penyakit umum yang dialami oleh orang yang mulai berumur matang. Malahan, penderita kondisi ini dominan di idap oleh anak-anak dan remaja.

Untuk mengenal lebih banyak, simak penjelasan tentang Keratosis Pilaris :

Gejala Keratosis Pilaris

Pemasalahan kulit yang satu ini ditandai dengan adanya bintik-bintik di kulit. area timbulnya Keratosis Pilaris biasanya di daerah berambut seperti bagian lengan, paha, pipi, bokong, wajah dan juga kulit kepala.

Jikala sampai timbuk di wajah, hal ini bisa mengganggu kecantikan dan tampilan muka. Tak hanya itu, ciri-ciri lain Keratosis Pilaris seperti:

·         Kulit terasa gatl dan kering, terkhusus di bagian punggung lengan, kaki atau bokong.

·         Adanya iritasi pada benjolan yang timbul, yang mengakibatkan adanya perubahan warna.

·         Kulit terasa kasar, terkhusus pada area timbulnya benjolan.

·         Saat udara kering, benjolan bisa semakin memburuk dibadning saat udara dingin.

Penyebab Keratosis Pilaris

Di balik gejala yang ditimbulkan oleh permasalahan kulit yang satu ini, ada faktor yang menyebabkan keadaan kulit semakin parah. Kondisi kulit ini disebabkan oleh penumpukan keratin dan protein rambut di pori-pori.

Saat keratin rambut tubuh tersumbat di pori-pori, hal itu akan mengakibatkan pembukaan folikel akan menghalang rambut yang sedang tumbuh. Tidak ditemukan pasti penyebab dari penumpukan keratin tersebut. Namun kondisi ini juga terkain dengan kondisi kulit lainnya seperti atop ik dan penyakit genetik.

Adapun faktor yang mempengaruhi Keratosis Pilaris sebagai berikut:

- Kulit putih.

- Kondisi kulit tertentu, seperti eksim atau ichthyosis vulgaris.

- Asma.

- Hipotiroidisme.

- Sindrom Cushing.

- Diabetes.

- Sindrom Down.

- Obesitas.

Cara Mengatasi Keratosis Pilaris

Walaupun tidak terlalu berbahaya, tapi tampilan kondisi kulit yang satu ini cukup mengganggu. Maka dariitu, ada baiknya untuk mengatasi gejala yang timbul sebelum benjolan yang dihasilkan semakin memburuk.

Berikut perawatan yang harus kamu lakukan sesuai dengan kondisi kulitmu:

1. Mandi menggunakan air hangat

2. Rutin Eksfoliasi atau mengangkat kulit mati untuk mencegah adanya Keratosi Pilaris

3. Aplikasikan losion pelembab

4. Jauhi penggunaan pakaian yang terlalu ketat di badan

5. Ada baiknya menggunakan pelembab udara

6. Gunakan krim obat

7. Lakukan perawatan laser

Nah, itu dia beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang Keratosis Pilaris, mulai dari gejala, penyebab dan juga cara mengatasi. Jaga kesehatan tubuhmu terkhusus kulit untuk mendapatkan tamoilan yang sehat dan cantik. Semoga artikel ini membantu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rekomendasi Skincare Untuk Kulit Kering Dari Emina

Saat ini penting sekali untuk menjaga dan merawat Kesehatan kulit. Tidak hanya tubuh, namun kulit juga akan rusak jika tidak dirawat dengan baik. Ada berbagai macam permasalahan kulit yang biasa terjadi di tengah masyarakat seperti, kulit kering, kulit berjerawat, kulit berminyak, dan lain sebagainya. Semua permasalahan tersebut disebabkan karena kurangnya perhatiaan seseorang untuk merawat kulit. Salah satu masalah kulit yang sering terjadi saat ini adalah kulit kering. Kulit kering merupakan jenis permasalahn kulit yang umumnya terjadi saat kulit kita kurang lembab atau dehidrasi. Jika kulit dehidrasi, maka sel-sel kulit akan mengelupas dengan sendirinya. Selain itu, kulit akan cepat mengalami penuaan dan mudah menimbulkan permasalahan kulit lainnya. Untuk mengatasi permasalahan kulit kering ini, kalian membutuhkan skincare untuk kulit kering. Skincare untuk kulit kering memiliki berbagai macam jenis produk. Ada satu produk yang dapat kami rekomendasikan untuk kalian gunakan da

Urutan Memakai Skincare Yang Benar

  Menjaga Kesehatan tubuh merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan oleh semua orang. Layaknya tubuh bagian dalam, kulit wajah merupakan salah satu aset tubuh yang wajib dirawat. Jika seseorang tidak merawat kulit wajah, maka akan banyak muncul permasalahan kulit yang menyebabkan kulit rusak dan tidak enak untuk dilihat. Beberapa permasalahan kulit yang sering terjadi akhir-akhir ini adalah kulit berjerawat, munculnya noda hitam, kulit kusam, kulit kemerahan, dan masih banyak lagi. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengurangi semua permasalahan kulit tadi adalah dengan mengatur pola hidup sehat. Tidak hanya mengatur pola hidup sehat, kalian juga perlu menggunakan beberapa produk skincare yang fokus untuk memperbaiki kulit kalian yang bermasalah. Karena saat ini sudah banyak produk skincare yang diciptakan khusus untuk beberapa permasalahan kulit. Akan tetapi sebelum memilih produk yang akan kalian gunakan untuk kulit wajah kalian, pastikan kalian mengetahui je

Review Skincare Scarlett Untuk Kulit Berjerawat

  Jika kalian adalah orang-orang yang sedang mengalami permasalahan kulit berjerawat, kusam, dan beruntusan, maka blog kami yang satu ini sangat cocok untuk kalian baca. Jika sebelumnya kami telah membahas urutan memakai skincare pagi dan malam yang benar, sekarang kami akan membahas skincare untuk kulit berjerawat. Saat ini sudah banyak sekali merek-merek skincare yang banyak mengeluarkan produk untuk kulit berjerawat yang dapat kalian pakai. Namun, tidak semua skincare tersebut memiliki kualitas terbaik dan cocok untuk kalian gunakan. Tips untuk memilih skincare terbaik adalah pastikan skincare yang kalian gunakan halal dan ber-BPOM, bahan-bahan yang digunakan aman dan cocok untuk kulit kalian, dan yang pasti harganya terjangkau. Salah satu merek skincare terkenal dan sudah banyak direkomendasikan oleh banyak orang karena memiliki produk-produk terbaik untuk segala permasalahan kulit adalah Scarlett Whitening. Apa itu Scarlett Whitening? Scarlett Whitening Scarlett Whiten