Wajib Tahu, 5 Cara Memperbaiki Skin Barrier Yang Rusak

Kebanyakan wanita ingin tampil cantik hanya dengan mengandalkan kulit yang mulus tanpa masalah sedikitpun. Padahal, hal yang harus diperhatikan dalam kesehatan kulit adalah skin barrier. Sudah pernah mendengar hal yang satu ini sebelumnya?

Skin barrier adalah lapisan kulit bagian atas yang sering disebut dengan stratum korneum. Skin barrier akan melepaskan lapisan atasnya yang mana membuat kulit terkelupas secara alami dengan sendirinya di saat keadaan terbaiknya.

Namun, skin barrier bisa saja terganggu, karena beberapa faktor seperti cuci muka berlebihan eksfoliasi berlebihan polusi, kualitas udara yang buruk dan kering stres dan kurang tidur. Maka dari itu, perhatian beberapa hal tersebut agar tidak mengganggu skin barrier.

Bagaimana dengan skin barrier yang sudah terganggu? Simak penjelasan di bawah yuk, untuk mengetahui cara dalam memperbaiki skin barriermu.

1. Temukan Permasalahan Utama

Yang dimasuksud dengan menemukan permasalahan utamanya adalah, akar dari alasan skin barrier yang rusak. Walau tak semudah yang didengar, namun kamu memang harus mengetahui hal yang menyebabkan skin barriermu terganggu.

Dengan begitu, kamu akan lebih mudah dalam mengambil keputusan dalam merawat wajah, apalagi memperbaiki skin barrier.

2. Kurangi Mencuci Muka Terlalu Sering

Bagi pemilik wajah kusam atau berminyak mungkin akan sering dalam mencuci muka, jikalau sebelumnya tidak tahu dengan risiko membersihkan wajah terlalu sering. Walaupun air dapat digunakan sebagai penghidrasi serta penjaga fungsi kulit, namun hal itu juga dapat menyebabkan kekeringan pada kulit wajah.

Dengan wajah yang kering, maka akan rentan berisiko banyak kerusakan yang terjadi pada wajah. Maka dari itu, ada baiknya untuk mencuci wajah sekitar 2 kali dalam sehari. Untuk produk yang digunakan juga perhatikan lebih dulu ya, pilih dengan kandungan yang lembut dan ber-pH rendah.

3. Stop Melakukan Eksfoliasi

Bagi kamu yang sering dalam melakukan eksfoliasi untuk menghilangkan sel-sel kulit mati pada kulti ada baiknya berhenti dahulu sejenak, jikalau skin barriermu sedang terganggu. Baik itu physical atau chemical exfoliating.

Ada baiknya tahan sejenak untuk mengeksfoliasi wajah sebelum skin barriermu mengalami pemulihan. Dengan begitu kamu memberikan kesempatan kepada kulit untuk meregenerasi dengan sendirinya tanpa ada produk tambahan.

4. Jaga Kulit Agar Tetap Lembab

Selain pencuci wajah dan juga sunscreen, moisturizer menjadi salah satu basic skincare untuk memiliki kulit yang lembab. Produk pelembab dapat membantu untuk menahan air di dalam kulit yang kehilangan banyak air akibat skin barrier yang rusak.

Pilih produk dengan kandungan ceramide, niacinamide, panthenol, dan Fatty Acid karena bahan-bahan tersebut mampu bekerja dengan baik untuk menjaga skin barrier tetap sehat dan lembab.

Nah, itu dia beberapa cara untuk memperbaiki skin barrier yang telah rusak, semoga artikel ini membantu.

Posting Komentar

0 Komentar