Selain Kulit Kering, Ini Penyebab Kulit Bersisik Yang Harus Kamu Tau


Pastinya untuk terlihat percaya diri setiap harinya, tampilan kulit dan wajah menjadi hal yang cukup diperhatikan. Pasalnya, hal itu menjadi hal yang paling sering diperhatikan oleh orang banyak saat beraktivitas aatu berinteraksi.

Mempunyai masalah pada kulit hanya membuat kita tidak nyaman dalam melakukan sesuatu, ditambah tampilan tersebut hanya tampak mengganggu. Salah satu contoh permasalahan dari tampilan kulit adalah kulit bersisik.

Permasalahan kulit yang satu ini tampak sering mengganggu banyak orang. Lalu, taukah kamu penyebab dari permasalahan ini sering menghinggapi kulit banyak orang? Simak penjelasan berikut ini.

Dermatitis Atopik

Kondisi yang satu ini terjadi ketika kulit menjadi kering, pecah-pacah, gatal dan kemerahan. Untuk mempunyai kulit bersisik, hal yang plaing umum menjadi penyebab adalah dermatitis atopik. Dermatitis ini merupakan peradangan pada kulit, dengan gejala kulit kering dan kemerahan.

Eksim yang terjadi pada kulit ini biasanya menyebabkan kulit terlihat tebal namun pecah-pecah. Di satu sisi, kulit akan tampak bersisik dengan rasa perih yang terbakar bahkan hingga berdarah.

Tinea pedis

Biasanya, kukit bersisik juga bisa disebabkan oleh infeksi jamur yang menular atau sering disebut dengan tinea pedis. Biasanya, pemasalahan ini muncul di jari kaki, yang membuat kulit tampak lebih bersisik, kering, gatal, kemerahan, pecah-pecah atau bahkan melepuh.

Walaupun tidak berbahaya, tinea pedis harus ditangani dengan tepat agar tidak mengalami penyebaran jamur ke bagian tubuh lainnya.

Ichthyosis vulgaris

Kulit bersisik yang satu ini bisa disebabkan oleh kalian kulit turunan. Selain tampak bersisik, kulit akan tampak lebih kering, kemerahan dan gatal, disertai dengan  kulit pecah-pecah hingga mudah mengelupas.

Keadaan yang satu ini biasanya dialami oleh bayi yang baru lahir atau juga anak-anak. Adapun tempat yang biasa di daerah perut, bokong, wajah, punggun dan juga kulit kepala.

Hipoparatiroid

Kulit terasa kering dan bersisik juga bisa menjadi gelaja dari Hipoparatiroid, yang mana merupakan kondisi langka ketika kelenjar paratiroid di leher tidak menghasilkan hormon paratiroid (PTH) yang cukup.

Ichthyosis vulgaris

Kulit bersisik dan kering juga menjadi gejala dari kelainan kulit Ichthyosis vulgaris. Selain itu, kondisi ini memberikan tampialn kulit seperti kemerahan dan gatal serta kulit pecah-pecah hingga mudah mengelupas.

Biasanya, permaalahan ini dialami oleh bayi yang baru lahir atau juga anak-anak. Untuk daerah yang sering muncul pada umumnya yaitu perut, bokong, wajah, punggung, dan kulit kepala.

Dermatomiositis

Tak hanya selalu berhubungan dengan permasalahan kulit, biasanya kulit bersisik juga dikarenakan oleh Dermatomiositis, yang merupakan penyakit otot langka dengan gejala ruam merah yang timbul disertai dengan kulit bersisik di daerah kelopak mata, hidung, pipi, siku, lutut, dan buku-buku jari.

Nah, itu dia beeberapa hal yang menyebabkan kulit bersisik. Jadi, tak selamanya kulit bersisik disebabkan oleh kulit kering ya. walaupun menjadi faktor utama, ada baiknya untuk menjaga kebersihan dan kelembapan kulit, agar tetap sehat dan terhindar dari permasalahan yang mengganggu. Semoga artikel ini membantu.

Posting Komentar

0 Komentar