Sudah Keramas dengan Benar? Ini Tips dan Efek yang Dapat Dirasakan

Tampilan rambut bisa membantu kita terlihat nyaman dan percaya diri dalam beraktivitas. Akan senang rasanya jikalau memiliki rambut yang sehat dan terawat. Maka dari itu, banyak cara yang bisa digunakan untuk menjaga kesehatan rambut.

Keramas menjadi salah satu hal yang paling sering dan mudah untuk dilakukan beberapa orang dalam menjaga rambut. Keramas adalah kegiatan yang mana kita akan mencuci rambut dengan shampoo. Biasanya berguna untuk menghilangkan tampilan lepek, ketombe atau kotoran lain yang ada pada kulit kepala dan rambut.

Namun ternyata masih banyak orang yang keramas asal-asalan, lho. Selain cara melakukan keramas yang tidak tepat, akan mempengaruhi kesehatan kulit kepala dan juga rambut.

Lalu, bagaimana cara keramas yang baik dan benar? Simak penjelasan berikut ini yuk!

1. Gunakan Air Dingin

Banyak orang yang sering mandi dengan air panas, karena ingin menghilangkan capek dan letih setelah seharian beraktivitas. Namun tanpa disadari, mereka menggunakan air tersebut untuk membasahi rambut. Padahal hal itu tidak boleh, ya.

Ada baiknya saat sedang keramas gunakan air dingin. Ketika membasahi rambut dengan air panas hanya akan membuat rambut menjadi kering, kusut dan juga rusak.

2. Pilih Shampoo Sesuai dengan Masalah dan Jenis Rambut

Bukan hanya kulit yang memiliki jenis yang berbeda-beda, ternyata rambut juga lho. jikalau kamu memiliki tipikal rambut yang rentan berminyak, ada baiknya memilih shampoo yang memiliki kandungan asam salisilat di dalamnya.

Kalau jenis rambut kamu kering dan cenderung rusak, ada baiknya pilih shampoo dengan kandungan dimethicone dan cyclomethicone di dalamnya. Maka dari itu, sebelum menggunakan shampoo, ketahui dengan pasti jenis rambut dan masalah yang kamu miliki.

3. Saat Keramas, Pijat Kulit Kepala dengan Lembut

Untuk yang sering menggosok kulit kepala dengan kuku dan geseran yang kasar, ada baiknya berhenti. Pilih ujung jari sebagai pemijat kulit kepala saat sedang keramas. Dengan menggunakan kuku secara kasar hanya akan membuat kulit kepala menjadi luka dan iritasi.

4. Busakan Shampoo di Telapak Tangan Terlebih Dahulu

Saat melakukan keramas pertama kali, banyak yang menggunakan shampoo secara menumpuk tanpa dibusakan terlebih dahulu. Padahal, harusnya shampoo diletakkan di telapak tangan dan dibusakan terlebih dahulu, kemudian dipijat di kulit kepala.

Adapun shampoo yang kamu oleskan dan pijat ada baiknya jangan mengenai seluruh rambut, dikhawatirkan hanya akan membuat rambut menjadi lebih kering.

5. Gunakan Kondisioner di Batang Rambut

Setelah menggunakan shampoo, ada baiknya melapisinya dengan kondisioner. Hal itu berguna untuk menutrisi rambut lebih baik dari menggunakan shampoo dan juga mendapatkan rambut yang lembut dan mudah diatur.

Namun dalam penggunaannya, ada baiknya mengaplikasikan kondisioner mulai dari batang rambut hingga ke bawah. Hal itu berguna untuk membuat rambut atas tidak mudah lepek.

Nah, itu dia beberapa cara keramas yang baik dan benar. Semoga artikel ini membantu.

Posting Komentar

0 Komentar