Kerap Dijumpai di Produk Skincare, Ini Dampak Paraben Bagi Kulit

Dalam beraktivitas sehari-hari, pastinya kita mengingini tampilan kulit yang sehat dan juga terawat. Maka dari itu, kita perlu menjaga kesehatan kulit setiap ahrinya. Beberapa orang memilih menggunakan produk perawatan wajah untuk memiliki wajah yang diinginkan.

Namun, kadang  kamu tidak terlalu mengetahui atau tidak peduli dengan kandungan yang ada di dalam produk perawatan wajah tersebut. Yang diinginkan hanyalah sebatas merawat tanpa mencoba tau, apakah kandungan tersebut aman dan cocok bagi jenis kulit yang dimiliki.

Salah satu kadnungan yang kadang disepelekan oleh orang banyak adalah Paraben. Sudah mengetahui jenis bahan aktif yang satu ini. paraben kerap muncul di beberapa produk kecantikan dan perawatan wajah.

Namun, kandungan yang satu ini terbilang cukup berbahaya bagi tubuh. Mari kita bahas yuk1

Pengertian

Paraben adalah salah satu bahan kimia yang biasa digunakan sebagai pengawet pada produk kostumetik dan juga skincare. Untuk penggunaan kandungan yang satu ini, biasanya produk menerterakan label, sebagai kombinasi beberapa bahan aktif lainnya.

Bahan kimia yang satu ini biasanya dijumpai pada make up, pelembap, produk perawatan rambut, hingga produk cukur. Adapun manfaat penggunaan paraben yakni untuk mencegah timbulnya jamur dan bakteri, melindungi konsumen dan juga menjaga kualitas produk.

Dampak Paraben Bagi Tubuh

1. Berissiko Alergi pada Kulit

Untuk masalah yang satu ini, mungkin sudah sering dialami oleh pengguna paraben. Namun, kadang hal itu disebabkan oleh beberapa kadnungan lainnya yang tidak cocok ke wajah. Namun, adapun hal yang menjadi kemungkinan terjadi alergi pada wajah yakni,

- Gatal

- Ruam kemerahan

- Kering dan bersisik

- Bengkak

- Nyeri

- Melepuh atau seperti terbakar

2. Gangguan Endokrin

Sistem endokrin adalah jaringan kelenjar yang berguna untuk memproduksi dan melepaskan hormon. Banyak jenis hormon dan fungsi lainnya yang menggunakan sistem endokrin. Namun, saalh satu bahaya dari penggunaan paraben adalah terganggunya fungsi endokrin di dalam tubuh.

Struktur kimia dari kandungan ini mirip dengan hormon estrogen, sehingga tubuh mendeteksinya sebagai zat yang merugikan sehingga memengaruhi endokrin.

3. Berisiko Terkena Kanker Payudara

Selain mengganggu sistem jaringan yang ada di dalam tubuh, paraben juga dapat menyebabkan risiko terkena kanker payudara. Kandungan kimia yang masuk ke tubuh melalui kulit juga dapat menciptakan dan menumbuhkan sel kanker. Hal itu dikarenakan terlalu seringnya seseorang menggunakan kosmetik, maka risiko terkena kanker payudara akan lebih tinggi.

4. Masalah Reproduksi

Terakhir, paraben dapat mengganggu dan menyebabkan masalah pada sistem reproduksi. Masalah yang tercipta dapat meningkatkan risiko bahkan hinga ke kanker pada orang dewasa.  Selain itu, pada anak-anak juga dapat menyebabkan masalah perkembangan. Maka dari itu, ada baiknya untuk menjauhi kandungan tersebut pada kosmetik yang digunakan.

Nah, itu dia beberapa fakta tentang berbahayanya paraben saat digunakan sebagai produk ekcantikan dan kesehatan kulit. Namun, kamu masih bisa menggunakan produk yang berisikan paraben di dalamnya, asal tidak berlebihan ya.

Posting Komentar

0 Komentar