Tata Cara Mencuci Rambut dengan Benar


Seperti diketahui, rambut merupakan bagian tubuh luar yang sering kali kontak dengan debu dan udara panas. Kedua hal inilah yang sering kali membuat rambut menjadi kotor dan lepek, akibat produksi minyak rambut yang berlebih di udara panas. Dengan begitu, kamu perlu mencuci rambut dengan rutin agar kebersihan dan kesehatannya tetap terjaga.

Maski begitu, bukan berarti kamu harus mencuci rambut setiap hari, terlebih lagi jika memiliki rambut kering dan kasar, mencuci rambut setiap hari bukan suatu hal yang baik untuk dilakukan. sebab, hal ini akan membuat rambut semakin kering dan mudah kusut. Berbeda jika kamu memiliki rambut dengan minyak berlebih, yang mungkin membutuhkan keramas setiap hari.

Dengan begitu, pada dasarnya cara mencuci rambut dengan benar harus disesuaikan dengan kondisi rambut yang dimiliki. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar kesehatan alami rambut dapat terjaga dengan baik dan tidak mudah rusak akibat perawatan yang salah. Selain itu, juga perlu memperhatikan jenis produk sampo, banyaknya produk yang digunakan, hingga cara mengeringkan rambut yang benar.

Meskipun terdengar sepele, namun anda perlu mengetahui cara mencuci rambut dengan benar dan hal lainnya yang sebaiknya dihindari. Dengan begitu, anda bisa memberikan perawatan yang efektif dan menghasilkan tampilan rambut sehat, bersih, dan berkilau.

Untuk itu, artikel ini akan mengulas tentang tata cara mencuci rambut yang benar, simak di bawah! Selain itu, kamu juga bisa membaca biodata Acil RRQ dan buah untuk sarapan pagi.

Cara Mencuci Rambut yang Benar

Agar rambut anda tetap sehat, terapkan metode keramas berikut:

Gunakan air dingin

Suhu air terbaik untuk keramas adalah dingin. Mencuci dengan air panas sebaiknya dihindari karena dapat membuat rambut menjadi kering , kusut, dan rusak. Jika Anda tidak suka mencuci tangan dengan air dingin, Anda bisa menggunakan air hangat.

Gunakan shampoo sesuai jenis rambut

Pastikan Anda menggunakan sampo yang sesuai dengan jenis rambut Anda . Jika rambut Anda berminyak, disarankan untuk memilih sampo yang mengandung asam salisilat . Sedangkan bagi pemilik rambut kering dan rusak, sebaiknya pilih sampo yang mengandung dimethicone dan cyclomethicone .

Salah satu efek kerusakan rambut yang terlihat adalah rambut kusut. Untuk mencegahnya, Anda juga bisa memilih shampo yang diperkaya dengan formula anti frizz dan argan essence . Hal ini karena argan essence mengandung asam oleat dan linoleat yang mampu menjaga kelembapan dan kelembutan rambut. Ekstrak Argan juga bermanfaat untuk menutrisi pertumbuhan rambut.

Untuk memudahkan Anda dalam memilih sampo, biasanya merek sampo tersebut sudah mencantumkan secara spesifik untuk jenis rambut apa sampo tersebut ditujukan pada label kemasannya.

Pijat shampoo ke kulit kepala atau akar rambut

Kesalahan yang sering dilakukan saat keramas adalah menggosokkan sampo pada rambut hingga keluar buih. Sebab, sampo idealnya digunakan untuk membersihkan kulit kepala dari kotoran, minyak, dan sisa produk rambut.

Jika Anda mengoleskan sampo ke seluruh rambut, Anda khawatir rambut Anda akan menjadi kering dan rusak. Lalu, bagaimana cara mencuci rambut yang benar?

Caranya adalah dengan menuangkan sampo secukupnya pada kulit kepala atau akar rambut, lalu pijat perlahan hingga berbusa. Biarkan bagian tengah dan ujung rambut mendapatkan sisa busa dari sampo bilas di akhir keramas.

Menerapkan kondisioner

Untuk mengembalikan atau menjaga kelembapan rambut, Anda disarankan untuk menggunakan kondisioner setelah keramas dengan shampo. Cara pemakaian kondisioner yang benar adalah mulai dari bagian tengah batang rambut hingga ujung rambut.

Jangan gunakan kondisioner pada kulit kepala atau pangkal rambut karena akan membuatnya lebih berminyak.

Cuci sesuai kebutuhan

Sebenarnya tidak ada aturan pasti kapan sebaiknya mencuci tangan. Namun, pakar kesehatan rambut tidak menganjurkan keramas setiap hari  karena dapat membuat rambut menjadi kering dan rusak.

Keramas setiap hari mungkin disarankan untuk orang yang memiliki kulit kepala berminyak, sering menggunakan produk tertentu pada rambutnya, sering berolahraga, dan tinggal di daerah yang sangat lembap.

Namun, bagi yang tidak mengalami masalah tersebut, para ahli menganjurkan untuk mencuci rambut setiap 2-3 hari sekali. Hal ini dilakukan agar kelembapan rambut tetap terjaga.

Posting Komentar

0 Komentar