Rekomendasi Produk Skincare yang Ampuh Untuk Wajah Berjerawat

 

Hai sobat blog...

Membahas soal jerawat seakan tidak ada habisnya. Masalah kulit yang satu ini paling sering dialami banyak orang. Tidak hanya dialami saat seseorang beranjak remaja, tapi di usia 30-an jerawat bisa saja muncul, lho.

Namun, apa sih penyebab jerawat? Tapi sebelum itu kamu juga bisa sambil mendengarkan musik atau lagu chord semata karenamu ketika menyimak ulasan ini. Langsung saja yuk kita bahas.

Penyebab Terjadinya Jerawat di Wajah

Jerawat atau disebut juga dengan acne vulgaris (AV) adalah suatu penyakit peradangan kronis dari kelenjar pilosebasea yang ditandai adanya komedo, papul, kista, dan pustul.

Bagian tubuh yang kerap ditumbuhi jerawat antara lain daerah wajah, bahu, lengan atas, dada, dan punggung. Biasanya, kondisi ini diakibatkan oleh beragam faktor risiko, meliputi:

- Faktor genetik.

- Faktor lingkungan.

- Faktor hormonal.

- Faktor gaya hidup, seperti memiliki kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi alkohol, kurang tidur, stres, hingga asupan makanan.

- Penggunaan kosmetik dan obat-obatan.

Selain faktor risiko di atas, penyebab utama munculnya jerawat antara lain:

- Banyaknya kulit mati yang menyumbat pori-pori kelenjar pilosebasea.

- Produksi minyak jerawat (sebum) yang berlebihan.

- Pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes.

- Proses peradangan sebagai reaksi terhadap bakteri atau kuman yang muncul di wajah, serta penggunaan produk-produk yang dihasilkan bakteri atau kuman tersebut.

Nah, jika sudah begini, apa yang harus kita lakukan? Jawabannya adalah dengan memakai skincare. Namun, kamu tidak boleh sembarangan memakai skincare nih gais.

Maka dari itu, terlebih dahulu ketahui kandungan apa saja yang ada di dalam skincare tersebut. Berikut ini kandungan nutrisi skincare untuk kulit berjerawat, yaitu:

- Salicylic Acid

- Niacinamide

- Centella Asiatica

- Alpha-Hydroxy Acid (AHA)

- Retinoid

- Benzoyl Peroxide

- Tea Tree Oil

- Clay

- Sulfur

- Witch Hazel

- Azelaic Acid

Setelah mengetahui kandungan yang bagus untuk kulit berjerawat, kini saatnya kita beralih ke produk yang tentunya mengandung zat-zat seperti di atas.

Rekomendasi Produk Skincare yang Ampuh Untuk Wajah Berjerawat

1. Sabun pembersih wajah: Tea Tree Skin Clearing Foaming Cleanser The Body Shop

Pembersih wajah bertekstur foam yang lembut ini diperkaya dengan community trade tea tree oil dari Kenya. Kandungannya bisa membantu membersihkan kotoran dan minyak berlebih pada wajah tanpa mengeringkan kulit.

Tentu saja, selain wajah terasa lebih bersih dan bebas kilap, kandungan tea tree oil nya dapat mengobati jerawat meradang dengan aroma menenangkan. Harganya mulai Rp 169 ribu.

2. Toner: Some by Mi Miracle Toner

Produk yang berasal dari Korea Selatan ini memang dikhususkan untuk kulit berjerawat, karena kandungan AHA, BHA, PHA, Niacinamide, dan Tea Tree Oil-nya yang mampu mengatasi bakteri penyebab jerawat dan juga menyamarkan bekas jerawat yang membandel.

Buat kamu yang memiliki kulit yang sedikit sensitif, toner ini akan sangat cocok karena tak memberikan efek perih dan sangat aman. Harganya mulai dari Rp 150 ribu.

3. Obat jerawat: Erha21 Acne Spot Gel

Kalau jerawat kamu sedang aktif dan besar, untuk meredakan keadaan tersebut kamu bisa menggunakan obat jerawat atau acne spot treatment.

Kegunaan produk skincare, acne spot treatment adalah membantu untuk memghilangkan bakteri pada kulit sehingga jerawat tidak makin parah. Salah satu yang bisa kamu coba adalah Erha 21 Acne Spot Gel.

Produk lokal tersebut seperti namanya memiliki bentuk gel, serta memiliki kandungan sulfur dan asam salisilat yang berguna untuk membunuh bakteri dan membantu eksfoliasi kulit mati, sehingga spot jerawatmu tidak mengalami hiperpigmentasi. Harganya mulai dari Rp 50 ribu.

4. Pelembap: Emina Ms. Pimple Acne Solution Moisturizing Gel

Salah satu penyebab munculnya jerawat adalah aktivitas bakteri. Untuk mengatasinya, tentu saja kamu harus fokus dalam meluruhkan sel kulit mati dan minyak yang tersumbat di pori.

Agar hasilnya lebih maksimal, kamu dapat melengkapi perawatan kulit dengan moisturizer gel persembahan Emina ini.

Ms. Pimple Acne Solution Moisturizing Gel membawa keutamaan rosebay willowherb extract yang sanggup melawan bakteri penyebab kemunculan jerawat.

Di sisi lain, kandungan tersebut juga mengurangi kemerahan akibat iritasi jerawat. Harganya mulai Rp 30 ribuan saja.

5. Serum: Sensatia Botanicals Acne Clarifying Facial C-Serum

Serum memiliki peran penting dalam penyembuhan jerawat karena serum selalu memiliki kandungan aktif di dalamnya. Sensatia Botanicals Acne Clarifying Facial C-Serum bisa kamu coba untuk kebutuhan perawatan kulit tersebut.

Serum ini mengandung Kakadu Plum yang kaya akan vitamin C yang dapat memperbaiki tekstur kulit serta mengembalikan elastisitas kulit. Selain itu, produk skincare ini juga dapat menenangkan jerawat aktif, karena di dalam serumnya terdapat tea tree oil. Harganya mulai dari Rp 140 ribuan.

6. Masker: Luxcrime Charcoal Mint Mud Mask

Pastikan kulitmu mendapatkan nutrisi yang cukup dengan menggunakan masker sebanyak 1 atau 2 kali seminggu.

Masker jenis mud mask sangat cocok untuk jenis kulit berjerawat. Kamu bisa memilih Luxcrime Charcoal Mint Mud Mask ini lho.

Di dalamnya terdapat kandungannya dapat membantu berbagai permasalahan kulit seperti jerawat, blackhead, whitehead, breakout, hingga memperkecil pori-pori wajah, karena diperkaya dengan active charcoal untuk pembersihan menyeluruh.

Masker ini juga mengandung vitamin E yang bisa menjaga kelembapan kulit dan mudah sekali untuk digunakan. Harganya mulai dari Rp119 ribuan.

7. Tabir surya: Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++

Saat memilih tabir surya untuk kulit berjerawat, kamu perlu memperhatikan teksturnya ringan atau tidak terasa lengket di kulit. Salah satunya adalah Biore UV Aqua Rich Watery Essence SPF 50+/PA++++.

Tabir surya yang satu ini mampu melindungi efek buruk sinar UVA dan UVB dengan kandungan SPF 50 serta PA+++.

Selain itu, ada juga kandungan Aqua Micro Capsule yang memberikan sensasi sejuk di kulit, sehingga nyaman saat digunakan.

Tekstur dari sunscreen ini pun ringan banget seperti air sehingga mudah meresap dan mampu menjaga kelembapan kulit lebih lama tanpa meninggalkan kesan berminyak. Harganya mulai dari Rp 115 ribu.

Jika rekomendasi produk di atas tidak ampuh dan malah merusak kulitmu, segeralah hentikan pemakaian dan kunjungi klinik kecantikan terdekat. Lakukan konsultasi untuk mengetahui penyebab dan cara mengobati jerawat di wajahmu.

Posting Komentar

0 Komentar