Skincare Alami Untuk Kulit Kusam

 

Hai sobat blog…

Siapa nih yang kulitnya sering kusam? Apasih penyebab kulit kusam? Bagaimana cara mengatasinya? Tapi sebelum itu kamu juga bisa sambil mendengarkan musik atau lagu chord dinda jangan marah marah ketika menyimak ulasan ini. Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, simak penjelasan berikut hingga tuntas ya!

Pengertian Kulit Kusam

Kulit kusam adalah kondisi dimana kulit tampak berminyak, gelap serta memiliki warna yang tidak rata dengan kulit lainnya. Sederhananya, kulit kusam biasanya tidak bercahaya sehingga tampak seperti kuyu.

Warna gelap pada kulit kusam berbeda dengan warna kulit gelap secara alami. Orang dengan kulit gelap memiliki lebih banyak pigmen melanin pada kulitnya.

Kulit yang gelap akan tetap tampak bercahaya asalkan kondisinya sehat dan cukup lembap. Sementara itu, kulit yang kusam terlihat rata dan tidak cerah.

Penyebab Kulit Kusam

Kulit kusam sendiri disebabkan oleh paparan sinar matahari berlebih, pola makan tidak sehat, kurang minum air putih (dehidrasi), dan kurang tidur berkualitas. Selain itu, penumpukan sel kulit mati juga dapat menyebabkan kulit tampak kusam dan tidak bercahaya.

Tak hanya itu, kulit kusam bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti berikut:

1. Pertambahan usia

2. Kurang asupan air

3. Panas dan udara kering

4. Kurangnya pelembap

5. Penumpukan sel kulit mati

6. Kebiasaan begadang

7. Stres yang tidak terkelola

8. Terlalu banyak makan makanan manis

9. Kebiasaan merokok

10. Minum alkohol berlebihan

Cara Mengatasi Kulit Kusam

Seperti bagian tubuh lain, kulit bisa menjadi sehat atau sakit. Umumnya, ketika kulit kekurangan kelembapan dan nutrisi, inilah yang menjadi cikal-bakal masalah kulit kusam.

Tapi tenang saja, kulit kusam bukanlah hal yang permanen. Hal itu bisa diatasi dengan berbagai cara, salah satunya dengan skincare alami.

Manfaatnya tak hanya memutihkan wajah secara alami, kulit juga semakin sehat ternutrisi. Berikut bahan-bahan alami yang baik digunakan untuk mencerahkan wajah yang kusam.

1. Jeruk Nipis

Seperti yang kita ketahui, jeruk nipis mengandung antioksidan dan vitamin C yang dapat membantu mencerahkan wajah kusam.

Selain mencerahkan, jeruk nipis juga dapat mengatasi minyak berlebih penyebab kulit berjerawat dan mengangkat sel kulit mati.

Caranya, belah jeruk menjadi 2 bagian, kemudian oleskan ke wajah secara merata. Diamkan selama 30 menit dan bilas dengan air hangat. Lakukan hal tersebut 2-3 kali seminggu secara teratur.

2. Minyak Zaitun

Bahan alami selanjutnya yang dapat mengatasi kulit kusam adalah minyak zaitun. Minyak zaitun memiliki kandungan vitamin yang dapat membantu meningkatkan kecerahan kulit wajah.

Selain itu kandungan omega 3, 6, dan 9 serta zat besi yang dimilikinya juga dapat menambah kesehatan kulit dan meregenerasi sel-sel kulit.

Caranya, bersihkan wajah sebelum mengoleskan minyak zaitun. Setelah dioles, pijat perlahan wajah dan diamkan selama 15-20 menit kemudian cuci wajah hingga bersih.

3. Lemon

Kemudian ada lemon yang dapat digunakan sebagai bahan alami untuk mencerahkan wajah. Sama halnya dengan jeruk nipis, lemon mengandung antioksidan dan vitamin C yang tinggi.

Selain itu, lemon juga mengandung asam alpha hidroksi yang dapat menangkal radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Caranya, oleskan perasan air lemon pada wajah, kemudian diamkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat dan kamu akan merasakan kulit lebih segar dan cerah.

4. Lidah Buaya

Menggunakan lidah buaya juga dapat membantu mencerahkan kulit wajah. Lidah buaya mengandung senyawa polifenol yang berfungsi sebagai zat antioksidan untuk mencegah kulit kusam.

Caranya, ambil gel lidah buaya dan oleskan pada wajah. Jadikan gel ini sebagai masker dan diamkan selama 10-20 menit.

5. Cuka Apel

Cara mencerahkan wajah selanjutnya yaitu menggunakan cuka apel. Keasaman dari cuka apel dapat membantu meregenerasi kulit dan mengangkat sel kulit mati.

Selain itu, cuka apel juga dikenal untuk mengatasi minyak yang berlebih pada kulit wajah.

Caranya, campurkan 1 sendok makan cuka apel ke dalam segelas air. Kemudian celupkan kapas ke dalam gelas tersebut dan oleskan ke wajah secara merata.

6. Alpukat

Alpukat dapat mencegah penuaan dini karena kandungan antioksidan dan vitamin E yang dimilikinya. Menggunakan alpukat untuk masker wajah bisa pula menjaga kecerahan kulit.

Caranya, kerok 1 buah alpukat dan haluskan. Oleskan pada wajah secara merata dan biarkan hingga mengering. Setelah itu, bilas wajah hingga bersih menggunakan air hangat.

7. Putih Telur

Protein yang terkandung di dalam putih telur dapat membantu memicu pertumbuhan sel-sel baru. Hal ini dapat mencegah terjadinya kulit kusam dan membantu mengencangkan kulit wajah.

Caranya, pisahkan putih telur dan oleskan ke seluruh wajah. Diamkan hingga mengering, kemudian bilas dengan air bersih.

8. Pepaya

Enzim papain yang dimiliki pepaya dapat membantu meregenerasi kulit. Selain itu, vitamin A, C, dan E yang dimilikinya juga berperan sebagai antioksidan yang akan membantu menutrisi dan melembapkan kulit.

Caranya, haluskan pepaya dan gunakan sebagai masker. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air hangat. Gunakan 2-3 kali seminggu dengan rutin agar dapat mencerahkan kulit.

9. Bengkoang

Banyak produk pemutih menggunakan bengkoang sebagai bahan utamanya. Hal ini disebabkan karena bengkoang mengandung vitamin B dan C yang berperan dalam memutihkan dan menjaga kulit agar tetap bersinar.

Caranya, peras bengkoang yang telah diparut menggunakan air dan gunakan air perasan tersebut untuk masker. Kamu dapat pula menggunakan parutan bengkoang untuk scrub.

10. Pisang

Pisang juga dapat kamu gunakan untuk membantu mencerahkan kulit. Pisang kaya akan vitamin C yang terbukti efektif untuk memutihkan wajah secara alami.

Caranya, haluskan 1 buah pisang, kemudian tambahkan 1 sendok makan madu. Aduk hingga rata dan oleskan pada wajah. Tunggu hingga mengering selama 20 menit, setelah itu bilas dengan air bersih.

11. Kunyit

Kunyit dapat digunakan untuk pencerah kulit secara alami. Selain dapat mencerahkan kulit, kunyit juga mampu menghilangkan flek hitam pada wajah.

Caranya, siapkan bubuk kunyit dan tambahkan dengan sedikit susu dan perasan air jeruk lemon. Oleskan campuran tersebut pada area kulit yang mengalami masalah dan diamkan selama beberapa menit.

Itulah beberapa skincare alami untuk mengatasi kulit kusam yang bisa kamu coba. Kamu dapat menerapkan salah satu cara tersebut secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba!

Posting Komentar

0 Komentar