Siku dan Lutut Hitam? Simak Cara Mengatasinya


Untuk mendapatkan kulit cerah beberapa orang melakukan banyak cara karena warna kulit yang tidak merata cukup mengganggu pastinya. Seperti lutut dan siku. Masalah lutut dan siku sudah menjadi masalah normal pada kulit setiap orang, dan tentunya dapat mengganggu penampilan.

Hal itu semakin dirasakan pada orang yang suka atau sering menggunakan pakaian yang terbuka di kedua area tubuh tersebut.

Banyak cara yang bisa kamu lakukan secara alami untuk mengatasi kulit tidak merata pada siku dan lutut yang menghitam.

Namun sebelumnya, adapun hal yang menyebabkan kulit siku dan lutut menghitam yaitu karena paparan sinar matahri, sel-sel kulit mati, dan juga kondisi kulit yang menyebabkan kekeringan pada area lutut dan siku.

Adapun cara mengatasi siku dan lutut yang menghitam secara alami, berikut ulasannya:

1. Teh Hijau 

Penggunaan teh hijau sendiri bisa membantu kalian dalam mencerahkan lutut dan siku yang menghitam. Kandungan epigallocatechin gallate di dalam teh hijau sendiri terbukti mampu untuk mencegah produksi melanin yang berlebih pada kulit dengan cara menghambat tirosinase.

Tirosinase merupakan suatu enzim yang mengkatalisi proses biosintesis melanin yaitu pigmen pemberi warna pada kulit. Meningkatnya proses tirosinase bisa meningkat apabila apabila kulit terpapar sinar ultraviolet dan matahari, sehingga jumlah melanin di dalam tubuh semakin banyak.

Hal tersebut dapat menyebabkan kulit yang terlihat kusam dan juga gelap. Maka dari itu, kalian bisa memanfaatkan teh hijau untuk menghambat produksi tirosinase agar proses peningkatan melanin berkurang dan menjadi lebih sedikit.

Dengan begitu, lutut dan siku yang hitam bisa semakin berkurang atau akan semakin cerah.

Yang perlu kalian lakukan hanya menyeduh teh hijau dengan air hangat, lalu diamkan hingga dingin. Basahi kapas dengan seduhan teh hijau lalu oleskan ke siku dan kulit kalian yang menghitam. Lakukan sebanyak 2 kali dalam sehari secara rutin.

2. Lemon 

Buah yang satu ini cukup terkenal di dunia kecantikan dan kesehatan kulit. Vitamin C yang ada di dalam berguna sebagai zat pemutih dan pencerah kulit, tak terkecuali pada permukaan siku dan lutut yang terlihat gelap akibat paparan sinar matahari.

Adapun caranya yaitu, iris lemon menjadi 2 bagian, kemudian gosok perlahan pada permukaan kulit yang menghitam, lalu diamkan semalaman. Bilas esoknya dengan air sampai bersih, dan lakukan secara rutin.

3. Oatmeal dan Yogurt 

Cara untuk mengatasi siku dan lutut yang gelap bisa dengan menggunakan masker oatmeal dan juga yogurt. Biasanya, oatmeal terkenal bagus untuk dikonsumsi, tapi kali ini manfaatkan kandungan yang ada untuk menjadi masker kulit.

Kedua bahan alami yang ada di dalam oatmeal dan yogurt diyakini bisa melembapkan area kulit siku dan lutut yang menghitam. Caranya cukup mudah, cukup campurkan oatmeal dan yogurt tersebut kemudian oleskan pada kulit, lalu bersihkan dengan air.

4. Cuka Apel 

Siapa sangka cuka apel dapat membantu kamu dalam mencerahkan permukaan kulit siku dan lutut yang menghitam? Yap, kandungan glycol dan alpha hydroxy acids/AHA terkenal sangat bagus untuk membersihkan kulit, memperbaiki tekstur dan juga mengeksfoliasi sel-sel kulit mati yang menyebabkan kulit gelap.

Untuk mendapatkan kulit cerah dengan cuka apel, kamu cukup mencampur 1 sendok makan cuka apel dengan 1 sendok makan madu.

Aduk hingga teksturnya menyerupai pasta, lalu oleskan pada permukaan siku dan juga lutut. Diamkan sekitar 30 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

5. Lidah Buaya  

Lidah buaya juga merupakan bahan alami yang terkenal di dunia perawatan kulit. Penggunaan lidah buaya yang memiliki kandungan aloesin di dalamnya mampu untuk melembapkan kulit kering pada siku dan juga lutut sehingga beresiko pada kulit yang gelap.

dengan mengoleskan gel lidah buaya pada area kulit gelap sembari memijatnya, bisa membantu untuk mengurangi warna tidak merata pada kulit, terkhusus pada permukaan siku dan lutut.

Bahan alami untuk merawat siku dan lutut hitam kamu sangat gampang bukan untuk dijumpai? Maka dari itu, jangan lupa untuk merawat kulit kalian agar kalian tetap bisa merasa nyaman dan percaya diri ya, semoga artikel ini membantu.

Posting Komentar

0 Komentar