Bulu Pada Kulit Tumbuh Berlebih? Ini Dia Penyebabnya

Jikalau mempunyai kulit yang mulus, maka itu adalah sebuah bonus yang harus disyukuri. Karena pada dasarnya, setiap manusia itu mempunyai bulu hampir di sekujur tubuhnya. Siklus pertumbuhan bulu tersebut juga berbeda-beda waktu pelaksanaanya.

Ada yang mengalami pertumbuhan rambut pada kulit terlalu cepat dan lebat, ada juga yang cukup lama dan jarang. Hal itu bisa balik ke genetik masing-masing orang. Tapi bagaiman dengan bulu yang tumbuh berlebih dari biasanya?

Berikut beberapa kondisi yang menyebabkan pertumbuhan bulu bisa menjadi lebih:

1. Mengidap Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) 

Salah satu faktor utama dari tumbuhnya rambut dengan berlebihan yaitu faktor genetik. Entah itu perempuan dan juga laki-laki mampu memproduksi hormon androgen. Tapi, untuk hal yang satu ini, perempuan biasanya memproduksi hormon androgen lebih banyak.

Hal itu yang bisa menjadi penyebab pertumbuhan rambut yang berlebihan di tubuhnya. Di lain sisi, salah satu masalah tubuh yang memproduksi andorgen secara berlebihan adalah PCOS. Penyakit ini biasanya menyerang wanita.

PCOS sendiri merupakan ketidakseimbangan hormon yang menyebabkan tubuh memproduksi terlalu banyak adnrogen dan memicu pertumbuhan rambut yang berlebihan.

2. Konsumsi Obat-Obatan  

Untuk kamu yang mengonsumsi obat-obatan tertentu secara rutin, al itu ternyata bisa lho menjadi penyebab tumbuhnya rmabut secara berlebih di tubuh.

Pertumbuhan rambut tubuh atau wajah yang berlebihan pada perempuan juga dapat terjadi akibat konsumsi obat-obatan tertentu, seperti minoxidil yang digunakan untuk merangsang pertumbuhan rambut.

Steroid anabolik yang merupakan variasi sintetis dari testosteron; dan cyclosporine yang merupakan obat imunosupresan yang sering digunakan sebelum transplantasi organ.

3. Genetik 

Apapun keadaan yang terjadi pada orang tua, hal itu bisa saja menurun kepada anak. Faktor yang disebut dengan genetik ini bisa juga menjadi salah satu penyebab bulu yang tumbuh secara lebat di tubuh.

Umumnya, orang-orang Mediterania atau orang berkulit gelap memiliki pertumbuhan rambut yang berlebihan, terutama di daerah bibir bagian atas. Pertumbuhan rambut berlebihan yang disebabkan karena genetika dapat diatasi secara sementara atau permanen dengan menggunakan prosedur kecantikan tertentu, misalnya laser.

4. Terlalu Sering Mencabut Rambut 

Bulu yang berlebih pada tubuh menyebabkan ketidaknyamanan dalam beraktifitas. Maka dari itu, banyak orang yang mengambil praktis untuk tampil lebih cantik dengan memiliki kulit yang mulus. Beberapa cara untuk menghilangkannya seperti mencabut bulu.

Jikalau terlalu sering dilakukan, maka bulu akan rentang tumbuh lebih lebat. dengan cara ini sebenarnya juga mampu merangsang pertumbuhan rambut. Prinsipnya, ketika kamu membuat kerusakan pada rambut, nantinya rambut akan tumbuh menjadi sedikit lebih tebal.

Ada baiknya untuk jangan terlalu sering dalam mencabut bulu, khawatirnya akan ada gangguan kesehatan yang akan terjadi dan menyebabkan masalah pada kulit.

5. Folikel Rambut Yang Sensitif 

Folikulitis adalah kondisi peradangan yang terjadi pada folikel rambut. Reseptor androgen dalam folikel rambut dapat menjadi sangat sensitif terhadap androgen normal yang mengalir dalam darah.

Maka dari itu, meskipun kadar testosteron normal, tetapi folikel rambut tetap bereaksi secara berlebihan, maka akan menyebabkan rambut tumbuh secara berlebihan. Kamu bisa mengatasinya dengan laser atau elektrolisis.

Ada beberapa cara untuk mengatasi bulu yang tumbuh berlebihan, agar kamu  tetap tampil percaya diri, seperti berikut:

- Waxing

- Laser IPL

- Krim Penghilang Bulu

- Elektrolisis

- Terapi Hormon

- Mencukur

nah, itu dia penyebab dari pertumbuhan bulu yang lebat, jangan lupa rawat kesehatan kulit dan bulu ya. 

Posting Komentar

0 Komentar