Ketombe Di Rambut Mengganggu? Ini Dia 5 Cara Mengatasinya

Pastinya setiap orang mengingini tampilan rambut yang indah dan menawan bukan? Selain enak untuk dipandang, kesehatan rambut menjadi salah satu tolak ukur seseorang dalam merawta rambut. Selain itu, rambut yang sehat dan indah untuk dilihat dapat meningkatkan rasa percaya diri kita dalam beraktivitas.

Namun bagaimana jikalau ada ketombe yang tampak dirambut? Hmm, tampak mengganggu bukan?  Selain tidak nyaman untuk tampil keren di depan banyak orang, rasa gatal yang ada di kulit kepala pastinya sangat mengganggu.

Ketombe adalah dampak dari cepatnya pertumbuhan dan kematian sel kulit mati yang ada di kulit kepala. Belum diketahui secara pasti kenapa pertumbuhan sel kulit baru di kulit kepala terlalu cepat..

Tidak hanya berlaku bagi wanita, pria juga pasti mengalami dan merasakan hal yang sama bukan? Lalu, taukah kamu apa yang menyebabkan rambut berketombe dan cara mengatasinya? Simak penjelas di bawah berikut, yuk!!

Penyebab Rambut Berketombe

- Beberapa faktor yang menyebabkan rambut berketombe adalah sebagai berikut:

- Tidak keramas secara rutin atau malah terlalu sering keramas

- Menderita infeksi jamur di kulit kepala atau tinea capitis

- Menderita dermatitis atopik

- Menderita psoriasis

- Mengalami alergi

Adapun faktor yang mempengaruhi adalah sebagai berikut:

-Berusia di bawah 20 tahun atau dalam masa pubertas

-Memiliki tipe rambut berminyak

-Menderita penyakit yang melemahkan daya tahan tubuh, seperti HIV

-Menderita penyakit yang memengaruhi sistem saraf, seperti penyakit Parkinson

-Tinggal di tempat yang dingin sehingga kulit kepala menjadi terlalu kering

-Terpapar sinar matahari yang terlalu lama

-Terlalu sering menutup kepala dengan topi atau penutup kepala lainnya

-Kurang mengonsumsi makanan bervitamin B, seperti telur, keju, dan ikan

Cara Mengatasi Kulit Ketombe

 Untuk mengatasai kulit kepala yang penuh dengan koetombe, berikut beberapa cara yang harus kamu coba:

1. Rutin Mencuci Rambut

Untuk kamu yang cukup malas dalam keramas, ada baiknya kamu menghialngkan kebiasaan itu. Apalagi, jikalau tipe kulit kepala kamu adalah yang mudah untuk berminyak. Ketombe akan muncul lebih cepat dan mengotori rambutmu.

Ada baiknya untuk keramas lebih sering dan rutin. Hal itu beguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menempel pada kepala. Namun, jangan terlalu sering ya. gunakan porsi keramas yang pas. Terlalu sering mencuci rambut bisa mengakibatkan kulit kepala yang kering dan ketombe juga semakin banyak, malah semakin parah.

2. Pemakaian Shampoo Anti Ketombe

Saat mencuci rambut, ada baiknya menggunakan shampoo dengan kandungan anti ketombe. Biasanya sampo anti ketombe mengandung natrium lauril sulfat, natrium lauret sulfat, dimethicone, cocamidopropyl betaine, zinc pyrithione, ketoconazole, asam salisilat, selenium sulfida, natrium benzoat, methylchloroisothiazolinone, dan mentol.

Selain berguna untuk melindungi kuli kepala dari ketombe, sampo jenis ini mampu mengurangi sejumlah masalah pada kulit kepala alinnya, termasuk rambut berminyak.

3. Gunakan Tea Tree Oil

Seperti yang kita ketahui, biasanya tea tree oil sangat bagus untuk mengatasi kuli berjerawat. Di sisi lain, tea tree oil juga mampu mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe dan mengurangi rasa gatal yang berlebih.

Adapun cara menggunakannya adalah oleskan minyak ini terlebih dahulu ke kulit kepala, kemudian tunggu reaksinya dalam 24 jam.

Nah, itu dia beberapa penyebab serta cara ampuh untuk mengatasi ketombe pada rambut. Semoga artikel ini membantu.

Posting Komentar

0 Komentar