Tidak Nyaman Dengan Dermatitis Di Kulit? Ini Dia Penyebab Dan Cara Mengatasinya

Mempunyai kulit yang mulus dan sehat pastinya menjadi idaman banyak orang. Tak hanya itu saja, tampilan luar kulit yang memiliki masalah bisa menjadi tolak ukur nyamannya seseorang, ditambah hal tersebut bisa menjadi faktor untuk mengurangi rasa nyaman.

Salah satu masalah kulit yang mengganggu adalah dermatitis. Pernah mendengar atau mengalami gangguan kulit yang satu ini sebelumnya?

Gejala utama yang timbul akibat dermatitis adalah ruam bengkak kemerahan yang tampak sangat kering dan terasa gatal. Kulit yang terdampak biasanya terasa nyeri ketika disentuh serta dipenuhi lepuhan kecil yang dapat mengelupas mengeluarkan cairan.

Walaupun begitu, masalah kulit yang satu ini tidak menular. Kamu juga bisa mengatasinya dengan baik dengan kombinasi obat yang telah diresep oleh dokter sebelumnya. di lain sisim dermatitis terbagi dalam beberapa jenis.

Lalu, apa penyebab dan cara mengatasi dermatitis pada kulit? Simak penjelasan di bawah ini yuk!!

Penyebab Dermatitis

Penyebab dermatitis dikelompokkan sesuai jenisnya. Beda jenis pastinya juga beda penyebab. Berikut penjelasannya:

1. Dermatitis atopik (eksim)

- kulit kering,

- perbedaan kondisi genetik,

- kesalahan pada sistem imun,

- bakteri pada kulit,

- faktor lingkungan,

- adanya riwayat eksim dalam keluarga, serta

- adanya riwayat alergi atau asma.

2. Dermatitis kontak

- tanaman beracun

- perhiasan dengan nikel,

- zat kimia dalam produk pembersih,

- parfum,

- kosmetik,

- zat pengawet pada krim dan losion.

3. Dermatitis seboroik

Peradangan kronis pada kulit kepala umumnya disebabkan oleh pertumbuhan jamur Malassezia pada kelenjar minyak yang tersebar di kulit.

Cara Mengatasi Dermatitis

Jikalau sudah timbul gejala dermatitis, ada baiknya konsultasi kepada dokter untuk mendapatkan diagnosa yang pas sebelum melakukan pengobatan. Setelah itu, dokter akan memberikan obat atau terapi yang pas sesuai dengan tinggal gejala yang dialami.

Beberapa pengobatan yang biasanya direkomendasikan seeprti berikut ini:

- obat untuk mengurangi alergi dan gatal-gatal, seperti antihistamin seperti diphenhydramine (Benadryl)

- fototerapi atau memberi paparan cahaya pada area yang mengalami dermatitis

- krim topikal dengan steroid, seperti hidrokortison, untuk menghilangkan rasa gatal dan peradangan

- krim atau lotion untuk kulit kering

Untuk mencegah dermatitis timbul di kulit dan mengganggu kenyamanan kita, ada baiknya lakukan beberapa hal di bawah ini:

- Mandi dalam waktu singkat. Hal yang terpenting saat mandi hanyalah harus bersih. Jikalau mandi terlau lama, bisa sajamembuat kuli terlalu kering yang menjadi faktor penyebab timbulnya dermatitis.

- Gunakan pembersih yang lembut dan tidak berbusa. Produk pembersih kulit juga ahrus kamu perhatikan kandungannya. Hindari produk dengan kandungan deterjen dan parfum karena dapat membuat kulit menjadi kering.

- Hindari mengeringkan tubuh dengan tergesa-gesa. Selain agar tetap bersih, mengeringkan tubuh dengan lembut bertujuan untuk membuat kulit tidak iritasi. Tepuk kulit dengan lembut dan pastinya dengan handuk yang lembut.

- Gunakan pelembab. Ada baiknya pengaplikasiannya saat kulit masih basah, dan oleskan berupa minyak, krim atau losion untuk melembapkan kulit.

Nah, itu dia beberapa penyebab dermatitis dan cara mengatasinya. Semoga artikel ini membantu.

Posting Komentar

0 Komentar