Varises Pada Ibu Pasca Melahirkan? Kenali Penyebab Dan Cara Mengatasi

 


Mempunyai tampilan kulit yang mulus tanpa goresan sedikitpun adalah hal yang diinginkan oleh setiap orang, terkhususnya wanita. Tak hanya usia muda, para ibu juga pastinya menginginkan hal yang sama. Tapi, di saat sudah memiliki anak atau pasca melahirkan, banyak masalah yang hadir dan mengganggu tampilan seseorang.

Seperti contoh varises. Varises adalah pembuluh darah yang membesar dan timbul, palng sering muncul di kaki dan telapak kaki. Masalah yang satu ini sangat sering dialami oleh para ibu, apalagi pasca melahirkan.

Salah satu alasan varises tetap ada saat melahirkan adalah karena tubuh membutuhkan waktu untuk memulihkan diri. Walaupun begitu, ukuran varises diketahui akan membaik dalam kurun waktu 3 bulan setelah melahirkan.

Lalu, apa penyebab dan cara mengatasi varises pada ibu yang baru melahirkan? Simak penjelasan di bawah ini, yuk!!

Penyebab Varises

Varises yang timbul pada ibu pasca melahirkan adalah hal yang wajar. Sekitar 10-40% para mengalaminya ketika mengandung. Walau biasanya dapat hilang dengan sendirinya, tapi sebagian orang akan mengalami hal yang lebih parah setelah 3-4 bulan setelah melahirkan.

Pada dasarnya, kehamilan menjadi hal yang utama munculnya varises itu sendiri. Hal ini terjadi ketika besarnya ukuran rahim menekan pembuluh darah yang menjadli 'jalan' aliran balik darah dari kaki ke jantung.

Ketika terjadi bendungan, maka tekanan yang ada pada pembuluh darah di vena kakiakan meningkat sehingga lama kelamaan dinding pe,buluh darah menjadi melebar.

Namun, tidak semua lho ibu yang melahirkan akan mengalaminya. Beberapa faktor penyebab berikut dapat membuat para ibu rentan mengalami varises setelah melahirkan. Simak faktor penjelasan berikut ini:

1. Genetik

2. Kerusakan pada pembulu darah vena saat hamil

3. Melahirkan lebih dari sekali

4. Obesitas

5. Hamil Kembar

6. Jarang bergerak

Cara Mengatasi Varises

Untuk mengatasi varises yang timbul setelah melahirkan, lakukan beberapa hal berikut ini:

- Perhatikan Posisi Kaki

Posisi kaki menjadi hal yang penting dalam mengatasi varises setelah melahirkan. Ada baiknya menghindari satu posisi yang sama dalam jangka waktu yang lama, seperti menyilangkan atau menekuk kaki terlalu lama ketika duduk.

Saat tidurpun, posisi kaki harus selau diperhatikan. Sanggahkan kaki dengan bantal atau benda lainnya, untuk membuat peredaran darah menjadi lebih lancar.

- Menurunkan Berat Badan

Berat badan naik adalah hal yang paling sering dialami oleh para ibu hamil dan pasca melahirkan. Di sisi lain, berat badan yang berlebih menjadi fakto penyebab timbulnya varises. Maka dari itu, ada baiknya untuk melakukan diet sehat dengan menjaga pola makan dan hidup.

Setelah mendapatkan berat badan yang menurun, tapi varises masih tetap timbul atau makin semakin parah, ada baiknya untuk memeriksakan diri ke dokter, untuk direkomendasikan prosedur medis yang pas untuk mengatasi varises yang sesuai dengan kondisi ibu.

- Melakukan Olahraga Secara Teratur

Olahraga yang dilakukan bertujuan untuk melancarkan alirah darah, sehingga kondisi varises yang terjadi akan berkurang. Jikalau tubuh merasa fit dan sehat tanpa ada masalah pada saat kehamilan dan juga pasca melahirkan, ada baiknya unyuk melakukan olahraga secara rutin.

Unutk olahraga yang ingin dilakukan, ada baiknya konsultasikan ke dokter mengenai jenis, intensitas, dan durasi olahraga yang akan dilakukan.

Nah, itu dia beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang penyebab dan cara mengatasi varises yang timbul pasca melahirkan. Semoga artikel ini membantu.

Posting Komentar

0 Komentar