5 Manfaat Si Daun Kecil Centella Asiatica Bagi Kesehatan Wajah


Beberapa waktu belakangan, kandungan baik dari centellaasiatica mulai booming dijadikan sebagai bahan utama pembuatan skincare. Sering dikenal dengan tumbuhan pegangan, tumbuhan hijau kecil ini ternyata memiliki banyak manfaat yang baik bagi kesehatan kulit lho.

Beberapa kandungan yang ditemukan di dalamnya berupa triterpenoid, asiaticoside, asam Asiatic, madecassoside, dan asam madasiatik. Walaupun dikenal sebagai bahan aktif untuk merawat kulit wajah, namun dulu ramuan ini sering gunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit.

Nah, untuk kamu yang sering menggunakan atau belum pernah sama sekali, kamu bisa memilih centella asiatiica sebagai ingredients yang baik dalam merawat kulit, lho. Penasaran apa saja manfaat yang didapat dari kandungan tumbuhan kecil yang satu ini? Cek penjelasan di bawah yuk!

1. Anti Aging

Centella asiatica yang diolah dan disempurnakan untuk menjadi produk perawatn wajah dapat dimanfaatkan sebagai anti penuaan dini. hal itu dikarenakan tumbuhan kecil ini kaya akan senyawa aktif yang disebut Madecassoside dan  Flavonoid.

Kerusakan yang terjadi akibat radikal bebas dari paparan sinar matahari serta polusi. Hal sekitar dapat menyebabkan gejala penuaan dini seperti keriput, garis halus dan flek hitam. Jikalau menggunakan centella asiatica di dalamnya, kamu bisa merawat wajahmu dengan baik untuk mencegah terjadinya penuaan dini.

2. Melembabkan Kulit

Kandungan baik dari tumbuhan pegagan ini dapat menghidarsi kulit, sehingga dapat terasa lembab. Beberapa senyawa seperti beta-karoten dan fitokimia, sangat baik untuk menjaga kulit tetap ternutrisi. Jikalau kamu mempunyai kulit yang iritasi dan kasar, kamu bisa menggunakan centella secara rutin untuk mengatasinya.

Gunakan secara bertahap agar kulit mulus dan cantik, serta terhindar dari beberapa masalah lainnya. Mempunyai kulit yang kering akan lebih cepat mengalami penuaan dibanding kulit yang berminyak. Maka dari itu, jangan lupa hidrasi kulit ya!

 3. Memberikan Efek Calm

Jikalau kulit wajah mengalami masalah seperti luka dan iritasi atau peradangan, kandungan dari tanaman pegagan ini sangat baik untuk digunakan karena akan memberikan efek calming serta penyembuhan pada kulit.

Senyawa yang disebut juga asiaticosides ini baik mengatasi masalah kulit yang sensitif, meradang, iritasi, hingga gatal. Bahkan, hal ini mampu membantu untuk mengurangi tanda-tanda sensitivitas kulit secara signifikan. Jadi, centella asiatica tidak hanya bisa dipakai oleh satu jenis kulit saja ya, namun menyeluruh.

4. Menjaga PH Kulit

Dengan menggunakan tanaman pegangan ini sebagai bahan utama skincare, kamu dapat membantu untuk menjaga keseimbangan pH kulit, karena berisikan kandungan antioksidan dan vitamin di dalamnya.

5. Menjadi Obat Berbagai Macam Penyakit Kulit

Manfaat centela asiatica yang terakhir adalah mengatasi berbagai macam masalah di dalam kulit. selsin untuk menenangkan kulit yang iritasi, beberapa masalah lain seperti eksim, psoriasis, pembuluh darah, hingga stretch mark dapat diatasi oleh kandungan baik tumbuhan pegagan ini.Selain itu, kamu juga bisa menyembuhkan jerawat dan memudarkan noda hitam di wajah.

Nah, itu dia beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan setelah menggunakan centella asiatica, semoga artikel ini membantu.

Posting Komentar

0 Komentar