Jenis Jerawat Yang Paling Sering Muncul Beserta Cara Mengatasinya

Jikalau ditanya tentang permasalahan kulit yang paling mengganggu, jerawat akan menjadi jawaban yang paling banyak untuk diungkapkan. Pasalnya, salah satu masalah kulit yang satu ini sering hadir dan muncul pada hampir semua jenis kulit.

Jerawat biasanya muncul karena pori-pori yang tesumbat akibat produksi minyak yang berlebih, sel kulit mati, kotoran dan lainnya. Walaupun hal itu menjadi faktor paling umum, ternyata banyak lho jenis penyebab jerawat bisa terjadi.

Namun, taukah kamu dengan jenis jerawat yang biasanya hadir pada kulit wajah? Ternyata tidak hanya satu jenis, lho. ada berbagai macam jerawat yang terjadi dan sering muncul pada permukaan kulit manusia.

Penasaran? Berikut jenis jerawat sesuai dengan penyebab serta cra mengatasinya:

1. Jerawat Blackheads

Sesuai dengan namanya, jerawat yang satu ini muncul karena komedo yang berwarna hitam. Biasanya, jerawat seperti ini muncul di area hidung yang ada di sekitaran blackheads. Untuk komedo hitam sendiri, biasanya muncul karena tersumbatnya pori-pori oleh minya yang berlebih.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menggukana krim wajah dengan kadnungan salicylic acid, benzoyl peroxide, dan resorsinol.

2. Jerawat Whiteheads 

Berbeda dengan jerawat blackheads, jerawat yang satu ini biasanya terjadi karena tersumbatnya proi-pori dan menutupi seluruh permukaan sehingga terlihat benjolan putih pada jerawatnya.

Area munculnya jerawat yang satu ini biasanya berada di dahi atau daerah yang memiliki komedo putih. Kamu bisa mengatasi jerawat yang satu ini dengan menggunakan produk dengan kandungan AHA, retinoid, benzoyl peroxide, dan salicylic acid yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati, membunuh bakteri, dan mengurangi peradangan pada area komedo.

3. Jerawat Papula 

Jerawat yang satu ini biasanya muncul di bawah permukaan kulit. Gejala yang akan kamu alami bisa berupa rasa nyeri dan juga benjolan yang padat. Kulit juga akan tampak memerah, namun tidak ada titik nanah pada puncaknya.

Untuk produk perawatan wajah, kamu bisa menggunakan kandungan salicylic acid dan benzoyl peroxide. Kadnungan retinol juga mampu dalam mengatasi masalah pada jerawat yang satu ini, dalam memulihkan sel kulit yang rusak.

4. Jerawat Kistik 


Jikalau kamu pernah mendengar jerawat batu, maka itu adalah jerawat Kistik. Tampilan biasanya berupa benjolan merah yang cukup besar dan juga keras. Jerawat yang satu ini biasanya terjadi karena penumpukan minyak yang berlebih, serta sel kulit mati di bagian dalam.

Beberapa cara untuk mengatasi jerawat kistik ini yaitu dengan menggunakan obat topikalm seoerti salep atau krim yang sudah diresepkan, antibiotik, terapi hormon dan juga isotretinoin.

5. Jerawat Nodul 


Memiliki gejala yang sama dengan jerawat kistik, nodul adalah jerawat yang tumbuh di permukaan kulit yang terasa keras dan juga sakit. Bereda dengan jerawat lainnya yang bisa disembuhkan dalam beberapa hari, jerawat jenis ini dapat terjadi alam kurun waktu berminggu-minggu bahkan berbulan-bulan.

Adapun cara menyembuhkan jerawat yang satu ini adalah dengan menggunakan antibiotik, istretionin, pil KB, dan beberapa pengobatan alami yang dapat dilakukan di rumah.

Nah, itu dia beberapa jerawat yang harus kamu tau, serta cara untuk mengatasinya. Jangan lupa untuk mengenali jerawat yang muncul pada wajahmu ya.

Posting Komentar

0 Komentar