Rambut Berketombe? Coba 5 Kandungan Ini untuk Mengatasinya

Selain memiliki tampilan rambut yang indah, kesehatan rambut juga menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan. Banyak saja masalah yang kerap terjadi pada tampilan dan kesehatan rambut, yang dapat mengganggu kapan dan dimana pun.

Contohnya saja ketombe. Untuk masalah yang satu ini, mungkin akan terlihat sepele. Salah satu cara yang biasa dilakukan oleh orang banyak adalah dengan melakukan keramas. Namun bagaimana jika sering keramas, ketombemasih saja hadir?

Ketombe biasanya disebabkan oleh kulit kering, infeksi jamur ataupun bakteri. Memang benar, keramas menajdi salah satu yang paling sering digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Namun ada baiknya perhtaikan kandungan yang ada pada shampoo yang kamu gunakan.

Beberapa kandungan bisa saja menjadi  obat ketombe yang berlebihan. Penasaran apa-apa saja ingredients tersebut? Simak penjelasan berikut ini yuk!

1. Zinc pyrithione

Kandungan yang satu ini biasanya digunakan untuk mengatasi dermatitis seboroik atau ketombe. Zinc Pyrithione juga biasanya ditemui di beberapa shampoo anti ketombe yang berguna untuk mengatasai jamur dan bakteri yang tumbuh di kulit kepala.

 2. Asam Salisilat

Untuk yang sering berjerawat mungkin tidak asing dengan kandungan yang satu ini bukan? Namun, bukan hanya untuk wajah yang bermasalah saja lho, asam salisilat juga bisa membantu kamu dalam menangani ketombe yang menggangu.

Zat ini ampuh untuk membunuh jamur dan bakteri penyebab ketombe. Ingredients yang satu ini memiliki sifat mengeringkan rambut. Maka dari itu selingi dengan penggunaan conditioner yang sesuai dengan masalah rambut yang dialami.

3. Selenium Sulfida

Selain berfungsi dalam membasmi jamur penyebab ketombe, kandungan yang satu ini juga bekerja dengan cara mengurangi iritasi, peradangan yang ada pada kulit kepala. Kamu bisa merawat rambut dengan ingredients yang satu ini.

Dalam pengaplikasiannya, gunakan shampoo dengan bahan selenium sulfida dengan cara dipijat dan biarkan selama 2-3 menit, kemudian bilas hingga bersih. Menurut saran dokter, kamu bisa keramas dengan kandungan ini 1-2 kali seminggu.

4. Ketoconazole

Pernah mendengar ingredients ini sebelumnya? Ketoconazole lebih berfokus sebagai obat anti jamur, yang biasanya digunakan untuk mengobati ketombe yang cukup parah di kulit kepala. Kamu bisa menggunakan kandungan ini seperti shampoo pada umumnya. Namun, ada baiknya pengaplikasiannya lebih lama dibanding shampoo lain sebelum dibilas.

5. Tar Batubara (coal tar)

Kalau kandungan yang satu ini berfungsi dalam menghambat pertumbuhan sel kulit yang tumbuh terlalu cepat,mengelupas, membasmi jamur dan meredakan peradangan di kulit kepala. Tar batubara dapat mengobati beberapa masalah seperti dermatitis seboroik, ketombe dan psoriasis.

Jikalau menggunakan shampoo dengan bahan yang satu ini, pijat kulit kepada dan diamkan sekita 5-10 menit, lalu bilas dengan air bersih. Namun bagi pemilik rambut pirang, kandungan ini dapat membuat warna kulit kamu lebih gelap lho. Maka dari itu, hati-hati dalam pemakaiannya ya.

Kandungan ini juga dapat membuat kulit kepala lebih rentan iritasi saat terpapar matahari lho, selain rambut akan rusak, kulit kepala juga akan mengalami peradangan.

Nah,  itulah beberapa kandungan yang bisa kamu palikasikan ke kulit kepala yang berketombe. Jangan lupa merawat kesehatan rambut dan semoga artikel ini membantu ya!

Posting Komentar

0 Komentar