4 Kandungan Eksfoliasi Yang Sesuai dengan Tipe Kulit Wajah

Salah satu cara untuk merawat tampilan kulit agar terlihat sehat adalah dengan menggunakan skincare. Beberapa produk perawatan wajah yang bisa kamu pilih memiliki banyak jenis dan manfaat yang bisa kamu rasakan.

Salah satunya adalah produk eksfoliasi. Urutan skincare berikut ini berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada kulit. Dengan kulit mati yang menumpuk, hanya akan menyebabkan beberapa masalah baru seperti jerawat, komedo dan kulit kusam.

Namun di balik itu, ada beberapa jenis bahan aktif yang bekerja sebagai eksfoliastor atau pengangkat sel kulit mati. Kandungan tersebut berguna bekerja untuk memperbaiki warna dan tekstur kulit. Dengan mengaplikasikan bahan aktif tersebut, kamu bisa mendapatkan kebutuhan untuk menyehatkan kulit.

Dalam mengaplikasikannya pun ada baiknya untuk memperhatikan jenis kulit yang dimiliki sebelumnya ya, karena kebutuhan kulit tiap jenisnya dipastikan berbeda-beda. Berikut beberapa bahan aktif yang berguna sebagai eksfoliator kulit sesuai dengan tipe wajah yang kamu miliki. Cek di bawah yuk!

1. Lactic Acid

Kandungan yang satu ini dapat membenuhi kebutuhan bagi pemilik kulit sensitif. Selain menjadi bahan aktif yang berguna untuk eksfoliasi wajah, lactic acid sangat cocok digunakan bagi pemilik kulit sensitif. Kandungan yang satu ini termasuk ke dalam salah satu golongan AHA yang mampu mengeksfoliasi sel kulit mati.

Kamu akan mendapatkan kulit yang bersih dan juga sehat dengan formula yang lembut. Jenis bahan aktif yang satu ini juga dapat memberikan efek wajah yang lebih cerah, menyamarkan flek dan noda hitam, dan kulit yang lebih bercahaya.

2. Glycolic Acid

Untuk bahan aktif yang satu ini cukup ramah digunakan oleh kulit kering. Kandungan eksfoliasi berikut bersifat ringan dan mudah meresap hingga kulit terdalam. Pori-pori yang tersumbat juga akan bersih, dan membantu untuk menghilangkan resiko masalah lain pada wajah.

Selain mengangkat kulit mati pada wajah, Glycolic Acid juga membantu merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Jadi, pemilik kulit kering sangat cocok menggunakan bahan aktif yang satu ini ya.

3. Salicylic Acid

Bagi pemilik kulit berminyak dan kombinasi, kamu bisa menggunakan bahan yang satu ini sebagai eksfoliator  wajah. Salicylic acid sangat ampuh dalam mengatasi masalah pori-pori yang tersumbat, sekaligus menutrisi kulit lapisan terdalam.

Bagi pemiliki kulit kombinasi, biasanya minyak yang lebih diproduksi pada area-T, sedangkan kulit berminya hampir di seluruh bagian wajah. Kandungan ini juga bermanfaat dalam mengontrol sebum pada kulit berminyak, jadi muka tidak akan terlihat mengkilap dan kusam.

4. Alpha Hydroxy Acid

Kandungan yang satu ini sangat cocok digunakan untuk pemilik kulit normal. Walaupun terbilang sangat jarang terkena masalah, namun sel kulit mati yang ada di dalam kulit pasti tetap melakukan penumpukan.

Kandungan alpha hydroxy acid atau disebut AHA bisa menjadi kandungan eksfoliasi yang cocok untuk digunakan bagi pemilik kulit normal. AHA memiliki beberapa turunan di antaranya glycolic acid, lactic acid, malic acid, tartaric acid, dan masih banyak lagi.

Nah, itu dia beberapa kandungan yang bisa kamu jadikan sebagai bahan aktif eksfoliasi wajah sesuai dengan tipe kulit. jangan lupa untuk merawat wajah ya.

Posting Komentar

1 Komentar